Yuk, Simak Dongeng Binatang yang Masih Eksis Hingga Saat ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Fabel merupakan cerita fiksi dengan hewan sebagai tokoh utamanya. Fabel dapat mengasah kreativitas dan mengembangkan imajinasi anak-anak.

Lewat imajinasi tersebut anak akan mengeksplore rasa keingintahuannya. Anak yang memiliki imajinasi yang tinggi akan lebih aktif dan responsif dalam menyikapi sesuatu.

Orang tua memilih menceritakan fabel pada anak mereka. Karena, moral yang terkandung dalam fabel lebih mudah dicerna oleh anak-anak.

Dengan fabel, anak-anak akan berimajinasi memiliki interaksi dengan binatang. Sehingga, anak akan memiliki rasa kasih sayang terhadap hewan.

Karena banyaknya keuntungan menceritakan fabel pada anak, eksistensi fabel masih terjaga hingga saat ini. Berikut daftar fabel yang masih populer hingga saat ini!

1. Belalang dan Semut

Dongeng ini mengisahkan tentang kehidupan diantara belalang dan semut. Walaupun hidup berdampingan, belalang terlalu malas mengumpulkan makanan untuk dijadikan persediaan. Sedangkan semut, baik dibawah terik matahari yang panas ataupun dibawah derasnya hujan, mereka tetap rajin mengumpulkan makanan.
Hingga, musim dingin pun tiba. Belalang yang awalnya mengejek semut karea dianggap terlalu rajin, merasa malu karena ia meminta makanan pada semut.

2. Raja Rusa dan Kedua Menterinya

Terdapat sebuah kawanan rusa yang dipimpin oleh raja rusa bertanduk emas. Raja tersebut mengutus dua menterinya, rusa totol dan rusa merah untuk mencari air dan rumput. Saat itu tengah musim kemarau, sehingga sangat sulit mendapatkan makanan atau pun minuman.
Setelah menyusuri hutan, akhirnya rusa totol dan rusa merah menemukan sumber mata air dengan rumput hijau mengelilinginya. Rusa merah menyuruh rusa totol agar merahasiakan tempat tersebut dan menjual air serta rumput dengan harga yang mahal kepada rusa lainnya. Namun, rusa totol menolak. Perkelahian pun tak dapat dihindarkan, hingga rusa merah tewas karena menanduk batu besar di depannya.

3. Kura-Kura dan Kelinci

Dongeng ini menceritakan tentang kelinci yang sombong menantang kura-kura untuk adu lari. Semua penghuni hutan tidak ada yang menjagokan kura-kura, mereka semua memprediksi bahwa kelinci lah yang akan menjadi pemenang dalam pertandingan tersebut.

Hingga saat hari pertandingan pun tiba. Sesaat setelah lomba dimulai, kelinci langsung berlari dengan cepat meninggalkan kura-kura yang jauh di belakangnya. Ketika melewati kebun wortel, kelinci merasa lapar. Sehingga, ia memutuskan untuk makan wortel sebentar. Hingga, tanpa disadari ia tertidur dengan lelap. Saat kelinci tertidur, kura-kura terus berusaha dan tidak menyerah untuk merangkak sampai garis finish yang menjadikan kura-kura sebagai pemenang dalam pertandingan ini.

Reporter: Diani Ratna Utami

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini