Cuci Tangan. (Foto: KXLY)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Peringatan hari cuci tangan sedunia atau Global Handwashing Day tidak akan menjadi penting jika tak ada virus Corona. Dan di tengah pandemi global ini, setiap orang wajib memperhatikan kebersihan tangan dengan serius.

Menjaga agar tangan tetap bersih adalah salah satu kebiasaan penting yang dapat dilakukan untuk mencegah tertularnya sekaligus menyebarkan virus Corona kepada orang lain. Tanpa mencuci tangan yang bersih dan benar, baik virus, bakteri, dan kuman lain yang berasal dari daging mentah, kotoran, maupun pernafasan dapat menyebar ke dalam tubuh sehingga menyebabkan penyakit.

“Pandemi Covid-19 ini menjadi pengingat penting bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air adalah salah satu cara yang paling sederhana dan efektif untuk menghentikan penyebaran kuman dan tetap sehat,” Vincent Hill, Kepala Cabang Pencegahan Penyakit yang Ditularkan melalui Air di Amerika Serikat, melansir CNN, Kamis, 15 Oktober 2020.

“Banyak kuman yang dapat menyebabkan orang sakit apabila tidak mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Mencuci tangan pakai sabun dan air dapat mencegah 1 dari 3orang terkena diare dan 1 dari 5 orang terkena penyakit pernafasan. Itulah sebabnya mencuci tangan sangat penting,” sambungnya.

Vincent juga menyarankan untuk cuci tangan sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, dan setelah batuk, bersin, serta mengelap hidung. Akan tetapi di masa pandemi saat ini, mencuci tangan juga baik dilakukan sebelum dan sesudah menyentuh mata, hidung, dan mulut. Setelah pergi ke area publik dan menyentuh permukaan benda di area publik dengan sering Sebelum dan sesudah menyentuh masker.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here