Yuk, Lihat 10 Tanaman Hias yang lagi Populer

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tanaman hias kini semakin popular. Apalagi dimasa pandemi Covid19 karena bisa untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan stres.

Jenis tanaman hias Indonesia sangatlah beragam, hanya saja tidak semua jenisnya popular. Berikut daftar tanaman hias yang dinilai popular tahun 2020 versi channel YouTube Channel Ana:

1. Monstera alias Janda Bolong

monstera janda bolong
Monstera Janda Bolong. (gubugbunga.com)

Monstera atau yang lebih dikenal dengan “Janda Bolong” merupakan jenis tanaman talas-talasan (Araceae). Memiliki model daun yang unik dan terkesan tidak utuh karena terlihat bolong. Monstera berukuran kecil sekarang dihargai Rp 400.000 dan yang besar bisa mencapai Rp 2.000.000.

2. Begonia

begonia wikipedia
Begonia. (wikipedia)

Merupakan jenis tanaman hias begoniaceae yang bunganya cantik berwarna merah. Selain itu, begonia memiliki bentuk daun yang tidak simetris.

Tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman liar di negara tropis, namun karena keunikannya banyak digunakan untuk hiasan rumah. Harganya mulai dari Rp. 60.000 hingga ada yang mendekati Rp 1.000.000.

3. Aglonema Lulaiwan

aglonema epicentrum.co.id
Aglonema. (epicentrum.co.id)

Tanaman Aglonema Lulaiwan atau yang dikenal dengan nama Sri Rejeki ini sudah lama dikenal pecinta tanaman namun kini hits kembali. Daunnya yang indah serta mengkilap membuat tanaman ini dijuluki sebagai ratu daun.

Harga Sri Rejeki pun berbeda-beda tergantung ukurannya. Ukuran sedang dan sudah jadi, dibandrol mulai Rp 250.000.

4. Philodendron Micans

philodendron micans laidbackgardener.blog
Philodendron Micans (laidbackgardener.blog)

Philodendron Micans merupakan tanaman hias yang sering ditaruh di dalam ruangan. Daun Philodendron memiliki warna yang unik, yaitu perpaduan antara merah maroon dengan dominasi warna hijau. Perpaduan warna itu membuatnya digemari banyak orang. Harganya mulai dari Rp 20.000 hingga ratusan ribu rupiah.

5. Calathea Black Lipstick

calathea-black-lipstick brilio.net
Calathea black lipstick. (brilio.net)

Keunikan dari tanaman ini karena daunnya berwarna hijau gelap keunguan, sekilas seperti warna hitam. Selain itu, terdapat corak garis berwarna merah muda yang menyerupai coretan lipstick.

Corak itulah yang menjadi daya tarik Calathea Black Lipstick. Harganya mulai dari Rp 90.000 hingga ratusan ribu rupiah tergantung ukurannya.

6. Anthurium

Anthurium-Jenmanii
Anthurium-Jenmanii. (insvira.com)

Anthurium atau disebut juga dengan Kuping Gajah merupakan tanaman yang memiliki ciri khas bunga berwarna merah mengkilap. Anthurium dapat hidup di berbagai tempat, selama kebutuhan airnya tecukupi.

Selain bermanfaat sebagai dekorasi, ternyata tanaman ini juga berkhasiat sebagai obat berbagai penyakit. Untuk ukuran kecil biasanya dihargai Rp 800.000.

7. Anggrek Mutiara Hitam

anggrek hitam papua infoagribisnis
Anggrek hitam papua. (infoagribisnis)

Biasanya bunga anggrek memiliki warna cantik yang cerah, namun berbeda dengan anggrek satu ini warnanya hitam. Harga anggrek biasanya antara Rp 60 ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung jenis dan banyak bunganya. Namun harga Anggrek Mutiara Hitam jauh di atas itu karena merupakan tanam yang langka.

8. Maranta Red Prayer

maranta red prayer lavenderbee.blog
Maranta Red Prayer. (lavenderbee.blog)

Tanaman ini poluler 2019, tahun ini semakin terkenal. Keunikan daunnya yang berwarna hijau tua dengan garis-garis berwarna merah di tengah memikat pecinta tanaman hias.

Keunikan warna membuatnya sering digunakan mendekorasi interior rumah. Harga Maranta Red Prayer kecil mencapai Rp 20.000. Sedangkan yang berukuran besar dan memiliki corak warna lebih indah bisa dibanderol Rp 800.000.

9. Philodendron Crocodile

philodendron crocodile facebook
Philodendron crocodile. (facebook)

Philodendron Crocodile merupakan tanaman unik yang bentuk daunnya dianggap mirip ekor buaya. Tanaman ini memiliki warna beragam. Semakin unik bentuk daun dan warnanya, harganya pun akan semakin mahal. Harga tanaman itu mulai dari Rp 50.000.

10. Sansevieria

Sansevieria atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan Lidah Mertua sering digunakan dekorasi ruangan. Selain itu, juga memiliki segudang manfaat, seperti untuk menyembuhkan sakit kepala hingga menangkal radiasi dari barang-barang elektronik.

Harga tanaman ini bisa mencapai Rp. 1.000.000 untuk ukuran yang cukup besar. Mahal atau murahnya tanaman tersebut tergantung ukuran dan keindahan warna serta bentuknya.

Nah, itu dia 10 jenis tanaman hias yang sedang popular di Indonesia. Harganya pun relatif terjangkau karena masih ada yang dibanderol Rp 20 ribu. (Reporter: Marlita Nursanti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini