Yuk Kenali Makanan yang Mengandung Karbohidrat Selain Nasi!

Baca Juga

MATAINDONESIA, JAKARTA– Nasi merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi serta mayoritas dikomsumsi masyarakat Indonesia sebagai makanan pokok sehari-hari.

Karbohidrat merupakan suatu gizi yang memiliki penghasil energi yang besar. Nasi inilah yang mengandung energi yang tinggi untuk tubuh.

Mengonsumsi karbohidrat seperti nasi yang berlebihan itu tak baik bagi kesehatan. Resiko mengonsumsi nasi putih terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit diabetes dan meningkatnya berat badan. Terdapat banyak makanan yang mengandung karbohidrat tinggi selain nasi. Tubuh kita jika kekurangan karbohidrat akan terasa lemas. Kita sangat memerlukan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Nah, apa saja sih jenis makanan yang mengandung karbohidrat pengganti nasi? Simak dibawah ini!

  1. Ubi

Ubi merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi selain nasi. Kandungan yang terdapat di dalamnya kaya akan serat dan lebih sedikit gula. Ada sebagian masyarakat Indonesia menjadikan ubi sebagai makanan pokoknya. Vitamin yang terkandung dalam ubi yaitu vitamin A yang jumlahnya bisa mencapai enam kali lipat dari kebutuhan tubuhmu. Jika kamu ingin mengganti ubi sebagai makanan pokok, kamu dapat menyajikannya dengan cara direbus, kukus, dan panggang.

  1. Jagung

Di Indonesia jagung juga menjadi bahan pokok pangan. Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin B3, vitamin B1, vitamin B5, dan Vitamin B9. Selain itu, jagung juga mengandung serat, magnesium, fosfor serta vitamin C yang penting untuk tubuh kita. Terdapat beberapa manfaat jagung yang perlu kamu ketahui antara lain sebagai sumber energi, mengurangi resiko anemia, bagus untuk kesehatan mata, dan mengatasi depresi.

  1. Kentang

Sudah banyak orang yang mengetahui kentang sebagai sumber karbohidrat. Kentang ini memiliki banyak nutrisi seperti vitamin C, Vitamin B6, kalium, protein, omega-3, dan zat besi. Jika kamu ingin mengonsumsi kentang dimasak dengan cara dikukus, rebus, dan panggang. Dengan mengonsumsi satu buah kentang, dapat membuat perutmu kenyang. Buat kamu yang sedang diet pun, kentang dapat dijadikan pilihan sebagai menu utamanya. Tetapi kentang tersebut jangan digoreng, karena dapat menambah asupan lemak.

  1. Singkong

Singkong merupakan sumber energi pangan yang paling murah. Kandungan singkong mirip dengan kentang. Namun, kandungan dalam singkong ini miskin akan protein, tetapi kaya akan serat. Singkong ini merupakan sumber makanan yang mengandung karbohidrat yang baik untuk tubuh. Sejak dahulu singkong ini dijadikan menu utama di daerah-daerah sebagai pengganti nasi. Sebab singkong sangatlah mudah ditemukan dan ditanam. Zaman sekarang banyak sekali makanan yang terbuat dari hasil olahan singkong seperti lapis singkong pelangi, keripik singkong, timus, gethuk, combro/misro, singkong keju dan tape singkong.

  1. Papeda

Sudah tak asing mendengar nama papeda. Papeda ini merupakan makanan pokok utama masyarakat Papua dan Maluku. Biasanya papeda disantap dengan sayur ganemo khas daerah sana. Makanan khas Papua ini terbuat dari sagu, memiliki tekstur lengket seperti lem dan rasanya yang tawar. Papeda ini kaya akan serat, nutrisi dan rendah kolesterol. Jika disana papeda dijadikan makanan utama dan di Jakarta papeda di jadikan camilan yang enak untuk disantap.

Nah, itulah makanan alternatif pengganti nasi yang cocok untuk kamu coba. Jika ingin menurunkan berat badan, kamu dapat mengganti nasi dengan makanan tersebut. Makanan pengganti nasi juga harus dimasak secara sehat lho.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini