(Foto: Pairi Daiza)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketika memutuskan untuk memelihara hewan, tentu kita harus bersungguh-sungguh. Memberi waktu dan kasih sayang menjadi dua hal yang wajib. Termasuk ketika memelihara hewan kecil lagi menggemaskan, sugar glider.

Merawat hewan berjenis tupai terbang dari Austalia-Papua yang unik dan lincah ini terbilang mudah, karena tidak memerlukan perawatan khusus, contohnya vaksin. Ada beberapa tips bagi kamu yang ingin memelihara sugar glider. Yuk intip apa saja:

  1. Kondisi Kandang Bersih

Pastinya kondisi kandang hewan yang dipelihara harus bersih karena dapat mempengaruhi kesehatan si mungil sugar glider. Tipe hewan ini suka buang air setelah bangun dari tidurnya atau pun saat nangkring di dinding kandang. Jadi pastikan kandang harus bersih ya! Karena bila tidak bisa menyebabkan penyakit dan badannya yang dapat menguning.

  1. Diajak Bermain

Tips ini bisa membuat sugie kamu cepat bonding loh. Diajak bermain dengan dielus, dihands feed, dan juga dipanggil namanya. Jika kamu hanya memelihara satu ekor, pastikan kamu sering mengajaknya bermain ya, agar si sugie tidak merasa kesepian. Karena dasarnya hewan ini hidup berkoloni atau berkelompok. Sehingga akan lebih baik jika memelihara dua ekor.

  1. Tidak Perlu Vaksin

Nah, ini yang paling mudah. Sugar glider tidak perlu vaksin dan tidak ada penyakit yang ditularkan dari sugar glider ke manusia. Jadi aman kan?

  1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Sugar glider adalah hewan nocturnal di mana lebih aktif di malam hari dan tidur di waktu siang. Karena itu hewan ini tidak boleh terkena sinar matahari langsung, bisa-bisa sugar glider peliharaan kamu mengalami penyakit katarak. Hati-hati ya!

  1. Memberikan Snack Manis

Hewan ini dinamakan sugar glider karena hewan mungil ini suka dengan makanan yang manis. Salah satu snack manis yang disukainya adalah marshmallow. Eits marshmallow-nya khusus hewan ya. Selain marshmallow, sugie lincah ini juga suka buah-buahan seperti melon, semangka, bengkoang, dan mentimun.

  1. Mandi Bersih dan Wangi

Sugar glider sebenarnya tidak perlu sering dimandikan kecuali benar-benar dalam keadaan yang sangat kotor. Usia yang dianjurkan untuk dimandikan yakni usia empat bulan ke atas. Jika sugar glider kamu masih kecil, maka cukup diusapkan dengan tissu basah tanpa alkohol ya.

Nah bila usia sugar glide kamu sudah cukup, maka mandikan dengan air mengalir menggunakan shampoo khusus hewan atau bisa juga dengan shampoo bayi. Dan hindari air di bagian kepala, mata, dan telinga ya.

Nah, tips di atas dapat memudahkan kamu jika ingin memelihara sugar glider. Hewan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memelihara hewan dengan simple. Tidak rumit dan mahal kan?

Reporter: Budiyani Rahmawati

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here