Yuk Intip, Cara Membuat Boba yang Kenyal dan Enak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Belakangan ini, minuman kekinian dengan toping Boba banyak diganderungi masyarakat. Biasanya, Boba dijadikan toping tambahan di dalam minuman kopi, cokelat, susu, dan lainnya.

Boba atau bubble terbuat dari tepung tapioka. Bentuknya bulat-bulat kecil mirip kelereng. Untuk rasa, boba memiliki tekstur kenyal dan lembut. Sangat pas dipadukan dengan minuman manis.

Lalu siapa sangka, rasa boba berbeda-beda tergantung cara membuatnya. Sebab, setiap orang memiliki cara yang beda dalam membuat topping boba tersebut maka topiing boba tidak semua dengan rasa dan kekenyalan yang pas.

Padahal boba hanya terbuat dari tepung tapioka yang hanya diberi gula dan susu sedikit lalu dibulat-bulatkan, kenapa rasanya bisa berbeda ? yuk kita cari tau cara membuat boba yang kenyal dan nikmat.

1. Masak air dengan Gua Aren sampai Mendidih

Kemudian masukkan tepung tapioka, lalu aduk hingga merata. Atur kompor dengan api kecil, masak sebentar hingga menjadi adonan lalu angkat.

2. Tuangkan Adonan ke Atas Meja

Jika masih panas tunggu sebentar hingga suhunya menurut lebih hangat. Lalu adonan bisa diuleni dengan sedikit taburan tepung tapioka hingga kalis. Setelah itu bagi adonan menjadi 4 bagian sama besar.

3. Buat Masing-masing Adonan Menjadi Bentuk Memanjant

Adonan lalu dipotong kecil-kecil jika ingin membuat black pearl atau dipotong lebih besar jika ingin membuat boba.

4. Bulatkan Adonan

Setelah adonan dipotong-potong, bulatkan kembali dengan menggunakan taburan tepung tapioka supaya tidak lengket.

5. Siapkan air di panci untuk merebus boba

Setelah mendidih, masukkan boba dan rebus hingga boba mengapung tanda sudah matang. Terakhir tiriskan.

Tidak hanya dengan bahan yang pas saja untuk membuat boba menjadi kenyal dan enak tetapi dengan cara masaknya yang benar agar mendapatkan boba yang kenyal dan lembut saat di kunyah.

“Membuat boba susah-susah gampang, yang penting sabar dan telaten. Karena selain kita membuat adonan yang bulat-bulat dan kecil, ketika memasak adonan boba tersebut juga harus lama dengan api yang kecil sehingga boba menjadi kenyal dan tidak keras saat di kunyah,”

ucap Firman salah satu owner minuman boba di Depok.

Reporter: Hani Deliani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini