oto pantura yang bikin nagih
foto: istimewa

MINEWS, JAKARTA-Tiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang selalu memanjakan lidah jika datang mencicipinya. Salah satunya soto, kuliner berkuah ini banyak dijajakan di setiap daerah dan berbeda-beda rasanya.

Sebut saja soto Pantura yang berasal dari wilayah pantai utara Jawa. Mulai dari soto Pekalongan hingga Lamongan.

Soto di daerah pantai utara (Pantura) Jawa memiliki jenis kuah yang beragam, ada yang bening hingga agak keruh. Cara menyajikannya pun sangat beragam, mulai dari disajikan langsung bersama nasi dalam mangkuk kecil hingga bersama campuran tauco.

Berikut 5 soto enak Pantura yang populer buat sarapan. Pencinta soto jangan sampai melewatkan

  1. Soto Pekalongan

Jika Anda sedang mengunjungi Kota Pekalongan yang sangat terkenal dengan batiknya ini, tak ada salahnya mampir dan mencicipi semangkuk hangat soto tauto. Soto tauto khas Pekalongan ini mungkin tak ada yang berbeda dari soto biasanya, hanya saja kuahnya diberi campuran tauco.

Campuran tauco pada kuah soto ini pastinya memberikan rasa yang unik. Karena tauco merupakan hasil fermentasi kacang kedelai khas China. Jadi soto tauco ini bisa dikatakan adalah makanan Nusantara dengan pengaruh kuliner China.

  1. Soto Brebes

Soto enak Pantura selanjutnya adalah soto Brebes. Soto ini tak jauh berbeda dengan soto tauto karena sama-sama menggunakan campuran tauco di dalamnya. Soto ini dimanakan sauto, isiannya berupa nasi, tauge, kol iris, suwiran daging ayam dan aneka pelengkap berupa daun bawang, seledri dan juga sambal.

Disiram dengan kuah kaldu yang sudah ditambahkan rempah dan tauco hasilkan rasa yang gurih enak. Benar-benar tak ada yang berbeda dari soto khas Pekalongan tersebut.

  1. Soto Semarang

Semangkuk soto Semarang disajikan dalam mangkuk porselin kecil dan biasanya nasi langsung dicampur bersama soto. Meski begitu, Anda tetap bisa memakannya secara terpisah.

Kuah dari soto Semarang ini bening kecokelatan. Isinya campuran bihun, tauge, kol, suwiran ayam, cincangan daun bawang, seledri, tomat, dan taburan bawang goreng yang akan menambah cita rasa dari soto Semarang ini.

  1. Soto Kudus

Soto Kudus hampir sama dengan soto Semarang karena memang daerah soto ini berdekatan. Namun walaupun mirip, tetap ada yang membedakan kedua soto ini. Jika soto Semarang memiliki kuah yang bening kecoklatan, soto Kudus ini memiliki kuah soto bening kekuningan.

Isiannya pun hampir sama dengan soto Semarang yaitu suwiran ayam, bihun, irisan kol, tauge, namun yang membedakan dalam soto Kudus tak memakai potongan tomat.

  1. Soto Lamongan

Soto enak Pantura terakhir berupa soto Lamongan dari Jawa Timur. Variannya berbeda dari soto Pantura lainnya, karena kuahnya yang berwarna kuning dan ditambahkan koya gurih yang terbuat dari kerupuk udang yang dihaluskan. Namun isinya tak jauh berbeda.