Yuk, Hindari Santan dengan Mengonsumsi 3 Bahan Pengganti Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sajian makanan khas Lebaran seperti opor ayam, gulai sapi rendang kuah pembuatannya berbahan dasar santan yang gurih. Namun, jika dikonsumsi berlebihan bisa membawa penyakit bagi tubuh. Mengutip HelloSehat, 240 gram santan mengandung 554 kalori, 57 gram lemak, 5 gram protein, 13 gram karbohidrat dan 5 gram serat.

Hal ini tidak lepas dari santan yang mengandung lemak jenuh sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Maka, Dokter spesialis gizi, Tatik Bardosono menilai jika harus mengonsumsi santan maka sebaiknya dibarengi dengan makan buah dan sayur segar agar gizi tetap seimbang.

Adapun, bahan pengganti santan yang bisa dikonsumsi agar jauh lebih sehat yaitu pertama susu rendah lemak. Cita rasa santan yang gurih dan bertekstur pekat juga bisa didapat dari susu. Maka, sebaiknya cerdas untuk mengolah susu menjadi bahan makanan supaya bisa mengubah tekstur serta rasanya.

Kedua, yakni susu dari kacang kedelai atau almond. Anda bisa menggunakan susu kedelai tanpa pemanis supaya tidak merusak cita rasa makanan mengingat bahan ini memiliki kekentalan yang sama dengan santan. Sementara susu almond dinilai tidak akan merusak citra makanan karena tidak berasa manis.

Terakhir, yaitu dengan Greek Yogurt bisa menjadi pengganti santan karena memiliki kekentalan yang sama. Jika menggunakan bahan ini sebaiknya bisa ditambah dengan air supaya tidak terlalu kental. Namun, perlu diperhatikan juga rasa yang dihasilkan sehingga tidak mengubah cita rasa makanan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini