Ilustrasi

MINEWS, JAKARTA – Kamu pasti khawatir kan ada batu ginjal di dalam tubuhmu karena gaya hidup yang kurang teratur.

Batu ginjal itu pada dasarnya adalah mineral dan asam garam yang mengkristal. Gejalanya pun cenderung terlihat pada stadium lanjut, seperti air kencing berdarah, nyeri saat buang air, sakit di punggung bawah dan infeksi.

Ngeri sih, tapi kamu jangan takut. Banyak kok cara-cara untuk menghindari penyakit ini. Bahkan, sejumlah langkah sederhana ini bisa kamu lakukan di rumah untuk mencegah munculnya batu ginjal.

1. Minum Air Putih

Cara terbaik mencegah batu ginjal adalah dengan meminum banyak air putih setiap hari, sehingga kamu akan buang air terus dan ginjal menjadi bersih.

2. Membatasi Konsumsi Oksalat

Kamu harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung banyak oksalat, contohnya seperti bayam, kacang, kedelai, ubi jalar, teh, cokelat, atau lobak. Soalnya, oksalat akan membentuk kalsium yang menjadi cikal bakal batu ginjal.

3. Kurangi Garam dan Protein Hewani

Risiko batu ginjal bisa ditekan kok dengan mengurangi konsumsi garam dan protein hewani setiap hari. Ya, tapi itu tergantung kamu sih, mau gaya hidup yang sehat atau masih bertahan dengan risiko penyakit.

4. Jangan Banyak Berkeringat

Olahraga secukupnya saja, jangan berlebihan. Soalnya, kalau kamu terlalu banyak mengeluarkan keringat, maka tubuh jadi kurang terhidrasi. Dalam kondisi ini produksi urine berkurang, kamu jadi jarang buang air dan batu ginjal jadi mudah terbentuk.