Ilustrasi Minuman Boba (Foto Istimewa)
Ilustrasi Minuman Boba (Foto Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Minuman segar dengan topping boba yang nikmat berhasil membuat siapapun menjadi penasaran. Trend minuman asal Taiwan kini menjadi hype, kekinian dan sangat populer bagi warga Jakarta.

Berbagai varian rasa mulai dari Milk Tea, Brown Sugar, hingga Cheese Tea pun rasanya akan terasa kurang. Jika tidak dilengkapi dengan topping bola-bola hitam, atau biasa kita kenal dengan nama boba.

Boba adalah bola tapioka yang kerap menjadi isian dari minuman bubble tea. Bubble tea sendiri minuman yang digemari karena rasanya yang manis, creamy dicampur dengan tekstur boba yang kenyal.

Ternyata topping boba memiliki berbagai varian jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang berukuran kecil, ada yang diberi isian sirup, ada juga yang berwarna transparan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis boba yang biasanya digunakan sebagai topping bubble tea:

  1. Black boba

Black boba adalah boba bening yang diberi campuran gula merah atau karamel. Dari campuran bahan-bahan tersebut membuat black boba memiliki tampilan berwarna gelap. Bola boba jenis ini menghasilkan rasa manis yang tipis saat disantap.

2. Flavored Boba

Flavored boba adalah bola-bola topping yang dibalut dengan sirup sebagai penambah rasa. Cita rasa dari sirup tambahan tersebut mulai dari rasa buah-buahan, hingga rasa kelapa atau lidah buaya.

Biasanya, flavored boba digunakan dalam sajian smoothies atau jenis teh seduh klasik, seperti teh hitam atau teh hijau. Selain itu, boba beraneka rasa juga seringkali digunakan sebagai topping pada sajian es krim atau frozen yogurt yang menyegarkan.

3. Popping Boba

Jenis boba ini diberi berbagai macam sirup perasa sebagai isian. Karena bahan baku dan cara membuatnya yang tak sama, tekstur dari popping boba juga tidaklah kenyal seperti jenis boba lainnya.

4. Clear Boba

Boba berwarna bening ini terbuat dari tepung tapioka yang dibentuk menjadi bola-bola seukuran mutiara. Jenis boba ini rasanya hambar karena memang tidak diberi tambahan perasa.

Sehingga sering dicampurkan bersama bubble tea yang mengandung susu yang manis. Boba ini akan menyerap susu dan teh, sehingga mampu menyatu dengan sajian teh tersebut.

5. Mini boba

Karena ukurannya yang mini membuat boba ini mudah disantap menggunakan sedotan. Selain itu teksturnya tak terlalu kenyal, sehingga lebih mudah dikunyah. Jenis boba mungil ini cocok sebagai topping frozen yogurt.

Reporter: Hani Deliani

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here