Yuk Berkunjung ke Rumah Sinterklas di Finlandia

Baca Juga

MATAINDONESIA, JAKARTA – Santa Claus atau Sinterklas identik dengan perayaan hari Natal. Sosok ini biasa digambarkan dengan kakek bertubuh besar dan jenggot berwarna putih yang lebat. Ia hadir untuk memberikan hadiah kepada anak-anak baik. Apakah Sinterklas itu nyata? Di mana Sinterklas hidup dan tinggal?

Ternyata di Finlandia terdapat sebuah desa yang diklaim sebagai kampung Santa Claus. Disebut sebagai kampung Santa Claus karena Santa Claus masa kini tinggal di sini.

Rovaniemi, desa di Provinsi Laplandia terletak di sebelah utara Finlandia, merupakan kota es yang memiliki musim dingin lebih panjang dibandingkan kota lainnya di Eropa.

Kampung Santa Claus ini menjadi spesial karena letaknya berada di ujung utara garis lintang Lingkaran Arktik, berada sekitar tujuh kilometer dari Rovaniemi. Sehingga Natal yang identik dengan salju tebal, benar-benar tercipta di tempat ini.

Rovaniemi dibuka umum sebagai tempat wisata, sekaligus tempat untuk mewujudkan mimpi masa kecil setiap umat kristiani yang ingin bertemu Santa Claus. Ya, tentunya bukanlah Santa Claus asli dari zaman dahulu.

Tujuan utama para turis mengunjungi Rovaniemi adalah untuk bertemu Santa Claus secara langsung. Datang ke Rovaniemi artinya para turis juga bisa mengunjungi Santa Claus di rumahnya yang terbuat dari kayu. Di tempat inilah Santa membaca ratusan ribu surat dari anak-anak di seluruh dunia.

Di musim dingin khususnya mendekati natal, para turis harus booking jauh-jauh hari untuk bertemu Santa. Karena setiap harinya ada ratusan orang yang ingin bertemu dengannya.

Sebelum masuk ke rumah Santa, pengunjung dipersilakan memilih bahasa apa yang ingin digunakan untuk berkomunikasi dengannya. Anak-anak diperbolehkan duduk dipangkuannya, Sedangkan orang dewasa hanya diperkenankan berjabat tangan dengan Santa.

Pengunjung juga diperbolehkan berfoto bersama Santa. Namun, tidak diperbolehkan mengambil foto menggunakan pribadi, melainkan harus menggunakan jasa foto yang sudah dipersiapkan dan harus bayar sekitar 25-40 Euro.

Di kampung Santa Claus terdapat kantor pos khusus untuk menampung surat-surat yang ditujukan untuk Santa Claus. Surat-surat berisi berbagai mimpi dan keinginan anak-anak tersebut disortir berdasarkan negara asalnya. Yang membuat kantor pos Santa berbeda dari kantor pos lainnya adalah cap pos khusus.

Jadi, apakah kamu termasuk orang yang mempercayai Santa Claus? Jika iya, kamu bisa mencoba mengirim surat ke desa Santa Claus di Rovaniemi. Mungkin saja suratmu akan dibalas dan apa yang kamu inginkan juga diwujudkan oleh Santa.

Reporter : Mega Suharti Rahayu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini