Yuk Bangun Pagi dan Rasakan Manfaatnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTABangun pagi merupakan rutinitas yang tak semua orang bisa melakukannya. Rasa kantuk yang teramat sangat membuat orang jadi sulit untuk bisa bangun lebih pagi.

Alasannya pun beragam. Mulai dari insomnia hingga kebiasaan bangun siang yang sulit ditinggalkan. Dilansir dari Neurotracker, manfaat bangun pagi sangatlah banyak. Bisa membuatmu lebih produktif di sekolah ataupun tempat kerja, membuat suasana hati lebih bahagia dan sebagainya.

Akan tetapi, faktanya gak cuma itu manfaat yang bisa kamu dapat jika kamu rajin bangun pagi. Ada manfaat kesehatan juga yang menantimu jika kamu bangun setidaknya pukul 5 pagi setiap harinya. Yuk simak!

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Dikutip dari Sleepadvisor, bangun pagi bisa membuatmu jadi lebih berkonsentrasi. Sebuah studi terbaru mengklaim bahwa bangun pagi membuat anda cenderung berkinerja baik, secara akademis dibandingkan saat tengah malam.

Hal ini dikarenakan tidak ada gangguan dari orang-orang yang masih terlelap. Dengan demikian, otak kamu dapat berkonsentrasi lebih baik dan efisien.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Tahukah kamu, rajin bangun pagi baik juga untuk kesehatan kulitmu loh. Hal tersebut karena saat bangun pagi, kulitmu bisa terhidrasi dengan baik, dan oksigen pagi hari pun baik untuk kulitmu.

Plus, saat bangun pagi ada peningkatan aliran darah sehingga membuat kulitmu nampak lebih sehat. Jadi mulai biasakan bangun pagi jika mau kulitmu sehat ya.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur Malam

Jika kamu biasa bangun pagi, maka rutinitas yang kamu mulai pun jadi lebih awal. Hal tersebut akan meningkatkan kualitas tidurmu saat malam hari.

Sebab, karena tubuhmu terbiasa beraktivitas lebih awal, maka saat malam hari kamu jadi lebih mudah mengantuk dan tertidur. Dengan demikian kamu akan memiliki waktu tidur dan istirahat yang cukup dan bisa bangun lebih awal di pagi harinya.

4. Punya Pola Makan yang Sehat

Nah, saat kamu bangun siang otomatis kamu akan skip makan pagi atau sarapan. Padahal, sarapan merupakan jendela makan yang paling baik dan bermanfaat untuk tubuh.

Oleh sebab itu, saat kamu terbiasa bangun pagi maka kamu juga terbiasa sarapan. Karena, kamu memiliki waktu untuk menyiapkan sarapan dan tak terburu-buru.

5. Lebih Banyak Energi

Terakhir, dengan terbiasa bangun pagi tubuhmu jadi lebih banyak memproduksi energi. Dikutip dari The Sleep Judge, orang yang bangun pagi biasanya memiliki pola tidur yang lebih baik.

Nah pola tidur yang baik itu membuaf tubuh lebih rileks, suhu tubuh menurun, dan suplai darah ke otot meningkat. Dengan begitu, energimu jadi lebih terbentuk di pagi hari dan kamu jadi gak mudah lemas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini