Young Lex & Lay EXO.

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama rapper Young Lex berada di deretan trending topic Twitter pada Selasa 9 Maret 2021. Hal ini karena video musik miliknya yang memiliki kesamaan yang signifikan dengan Lay, musisi asal China yang juga member EXO, yang sudah dirilis terlebih dahulu.

Bermula dari video musik “Raja Terakhir (The Last King)” dari Young Lex yang baru diunggah 8 Maret 2021, penggemar menyadari ada terlalu banyak kesamaan konsep dengan video musik “Lit” Lay yang telah dirilis 9 bulan lalu. Menurut penggemar, unsur-unsur musiknya, visual, gaya, dan koreografi dalam video musik Young Lex semuanya sangat mirip dengan video musik Lay.

Salah satu kemiripan yang paling jelas antara kedua video musik tersebut adalah adegan di mana naga yang dihasilkan komputer muncul di belakang gedung. Naga di dua video musik memiliki desain yang serupa, dan keduanya menampilkan bulan besar di latar belakang serta penjaga yang memegang bendera di latar depan. Bahkan pembingkaian kedua bidikan tersebut hampir identik.

Tak hanya itu, adegan break dance dari “Lit” ada dalam video musik Young Lex. Dari skema warna dan motif api hingga cara gerakannya memiliki kesamaan.

Beberapa pakaian dalam video musik juga memiliki kemiripan satu sama lain. Kedua pakaian dalam adegan ini memiliki trim perak yang sama, dan penari latar semuanya berpakaian hitam. Selain itu, tarian dilakukan di depan tangga batu di kedua video tersebut.

Dan kemiripannya tidak berhenti di situ. Penggemar telah melihat banyak contoh lain dari kemungkinan plagiarisme di “Raja Terakhir (The Last King)”, termasuk pakaian yang terlihat pada pemain wanita.

Fans tidak menemukan kredit untuk Lay atau agensinya dalam deskripsi untuk “Raja Terakhir (The Last King)”, yang dirilis untuk mempromosikan game mobile Three Kingdoms: Hero Legendaris.

Young Lex sempat membuat komentar seperti “Fans K-pop otak micin akan bilang ini plagiat,” yang membuat penggemar semakin marah dengan sikapnya. Walaupun komentar itu telah dihapus dari kolom komentar YouTube-nya, penggemar telah menyimpan tangkapan layarnya dan membagikannya di media sosial.

Sejak melihat contoh plagiarisme, penggemar Lay dari seluruh dunia telah meminta Young Lex untuk menghapus video tersebut dan meminta maaf kepada Lay dan penggemarnya. “RESPECT ZHANG YIXING” segera mencapai 10 besar tren Twitter di seluruh dunia.

Penggemar Lay di China juga telah berhubungan dengan Lay Studio, tim manajemen pribadi artis. Sementara Lay Studio dilaporkan sekarang mengetahui masalah ini, mereka belum menanggapi secara publik.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here