Youn Yuh Jung Wanita Korea Pertama Raih Oscar

Baca Juga

MATA INDONESIA, LOS ANGELES – Youn Yuh Jung mengukir rekor di ajang penghargaan Piala Oscar 2021. Dia menjadi wanita Korea Selatan pertama yang meraih piala bergengsi itu.

Youn menyabet Piala Oscar dalam kategori Best Supporting Actress melalui film ‘Minari’. Dia menyisihkan beberapa nominasi ternama, seperti Glenn Close (for Hillbilly Elegy), Olivia Colman (The Father), Maria Bakalova (Borat Subsequent Moviefilm), dan Amanda Seyfried (Mank).

Selain menjadi orang Korea Selatan pertama, Youn adalah wanita Asia kedua yang meraih Piala Oscar. Sebelumnya, ada nama aktris Jepang, Miyoshi Umeki yang memenangkan Piala Oscar lewat film ‘Sayonara’ di 1958.

Sebenarnya Miyoshi masuk nominasi Oscar lagi di 2007 lewati film ‘Babel’, tapi kala itu dia gagal membawa pulang piala kalah dari Jennifer Hudson di film ‘Dreamgirl’s’.

“Hai semuanya, saya dari Korea. Nama saya Youn Yuh Jung. Sejujurnya, saya masih tidak percaya bisa dapat ini karena ada lima nominasi dalam peran yang berbeda-beda,” kata Youn, dalam pidatonya.

“Saya berdiri di Dolby Theater yang selama ini hanya dilihat di televisi. Mungkin ini hanya pidato yang sederhana, tapi saya mau bilang terima kasih pada keluargak saya, kepada dua anak laki-laki saya,” ujarnya.

Sebelumnya, Daniel Kaluuya meraih Piala Oscar 2021 kategori Best Suppoting Actor atau Aktor Pendukung Terbaik. Daniel memenangkan Piala Oscar 2021 dalam perannya di ‘Judas and the Black Messiah’.

Dia menyisihkan empat nominasi lainnya, yakni Sacha Baron Cohen di ‘The Trial of the Chicago 7’, Leslie Odom Jr di ‘One Night in Miami’, dan Pail Raci di ‘Sound of Metal’.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini