Kedai Minuman dan Restoran berpemandangan lautan (uniqhotels)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali pada status transisi. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Minggu 11 Oktober 2020. PSBB transisi ini akan berlaku mulai Senin 12 Oktober hingga 25 Oktober 2020.

Mengetahui hal tersebut, restoran atau tempat makan diperbolehkan Anies beroperasi seperti biasa. Dengan catatan, pihak restoran dan pengunjung harus tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Nah, meski sudah kembali buka dan memperbolehkan kamu untuk ‘dine in’ atau makan di tempat, jangan langsung tergiur ya. Kamu perlu memperhatikan beberapa tips sebelum kembali kulineran ke berbagai tempat makan.

Apa saja sih tips dan protokol kesehatannya? Yuk simak!

  1. Bawa Peralatan Makan

Saat dine in, restoran yang kamu tuju tentu menyediakan alat makan untuk para pengunjungnya. Namun, ada baiknya kamu membawa peralatan makan sendiri ya!

Peralatan tersebut meliputi sendok dan garpu. Tapi, kamu juga bisa kok membawa tempat minum atau tumblr sendiri saat hendak membeli minuman yang kamu suka.

Jika kamu kulineran ke tempat kaki lima, ada baiknya kamu juga membawa kotak makan sendiri. Sebab, hal ini juga bisa mengurangi penggunaan plastik dari tempat makan saat kamu membeli jajanan di pedagang kaki lima.

2. Membawa Tisu Basah

Penting banget buat kamu membawa tisu basah ketika memutuskan untuk kulineran. Pasalnya, tisu basah bisa kamu gunakan untuk mengelap meja atau alat makan kamu.

Pihak restoran tentu telah melakukan protokol kesehatan seperti membersihkan meja dan alat makan mereka. Namun, jauh lebih tenang jika kita membawa sendiri tisu basah untuk memastikan mejanya sudah benar-benar bersih.

3. Jaga Jarak saat Mengantre

Mengetahui restoran sudah kembali buka, biasanya pengunjung akan membludak dan berimbas pada antrean yang panjang. Nah, kalau sudah begini, ada baiknya kamu tetap perhatikan jaga jarak ya.

Pastikan jarakmu dengan pengunjung lain lebih dari satu meter saat mengantre. Kamu juga gak perlu sungkan untuk menegur pelanggan lain yang mengabaikan jaga jarak demi keselamatan bersama.

4. Bawa Hand Sanitizer

Membawa hand sanitizer ke mana-mana sepertinya sudah harga mati ya gaes. Apalagi saat kamu kulineran. Benda tersebut wajib kamu bawa!

Hand sanitizer berguna saat kamu kulineran di kaki lima. Sebab, biasanya pedagang di sana jarang menyediakan tempat cuci tangan yang baik dan benar.

Jadi, buat jaga-jaga pastikan hand sanitizer selalu ada dalam tas kamu ya!

5. Segera Pakai Masker Setelah Makan

Saat hendak makan, tentu kamu akan melepas masker di wajah. Tapi, usahakan pakai kembali usai kamu makan ya.

Jangan anggap remeh penggunaan masker. Sebab, di tempat yang banyak kerumunan orang, risiko penularan virus corona lebih tinggi. Jadi, segera pakai maskermu kembali setelah menikmati makananmu ya!

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here