Wow! Ada Wisata Alam ‘Bukit Cokelat’ yang Lagi Hits, Sudah ke Sini Gaes?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Bohol adalah pulau utama di Provinsi Bohol dan merupakan pulau kesepuluh terbesar di Filipina. Bohol adalah surga tropis keindahan alam dengan garis pantai lembut pasir putih yang diliputi oleh teluk-teluk kecil dan merupakan surga bagi penyelam dan perenang. Daya tarik alam Bohol yang paling terkenal adalah Chocolate Hills atau Bukit Cokelat.

Ini adalah hamparan rumput kecil yang menutupi bukit berbentuk kerucut. Jumlahnya banyak dan terbentang di atas area lebih dari 50 kilometer persegi. Ada antara 1.260 hingga 1.776 gundukan, mulai dari ketinggian 30 hingga 50 meter dengan yang terbesar adalah 120 meter. Bukit-bukit ini ditutupi oleh rumput hijau, yang berubah menjadi coklat selama musim kemarau, membuatnya tampak seperti gundukan cokelat.

Chocolate Hills terdiri dari batu kapur yang kemudian ditutupi dengan tanah lapisan atas dan rumput. Asal mereka tidak sepenuhnya dipahami tetapi menurut teori yang paling diterima mereka tercipta ketika batu kapur melemah oleh curah hujan, air permukaan, dan air tanah retak dan terangkat oleh kekuatan tektonik dan kemudian terkikis oleh sungai. Fitur geomorfologi seperti itu disebut kokpit karst, dan Chocolate Hills dianggap sebagai contoh yang luar biasa dari topografi ini. Di antara bukit-bukit ini terbentang dataran datar yang berkembang dengan baik yang berisi banyak gua dan mata air.

Seorang turis mengamati: “Gundukan ini sebenarnya sangat aneh; jika Anda turun ke pusatnya dan melihat-lihat, hal-hal ini terlihat seperti muncul begitu saja. Sebagian besar bukit normal biasanya memiliki kemiringan lembut, tetapi bukit-bukit ini berada di sana dengan tanah yang benar-benar tanah pertanian datar, dan mereka tiba-tiba ‘ada’.”

(Sumber: yannarthusbertrand2.org)

Banyak legenda dan mitos urban mengelilingi formasi bukit simetris ini. Satu cerita berkisah tentang dua raksasa bermusuhan yang melemparkan batu besar dan pasir satu sama lain. Pertempuran berlangsung selama berhari-hari, dan membuat kedua raksasa kelelahan. Dalam kelelahan mereka, mereka lupa tentang perseteruan mereka dan menjadi teman, tetapi ketika mereka pergi mereka lupa untuk membersihkan kekacauan yang mereka tinggalkan. Legenda lainnya yang lebih romantis menceritakan tentang seorang raksasa yang jatuh cinta pada seorang gadis, tetapi ketika kekasihnya meninggal, sang raksasa menangis dengan sedihnya. Tetesan air matanya memunculkan Chocolate Hills.

Meskipun masuk dalam daftar sementara situs Warisan Dunia UNESCO, Chocolate Hills sekarang ini terancam oleh kegiatan penggalian. Miris ya gaes!

Meski demikian, Bukit Cokelat Bohol masih jadi salah satu destinasi wisata alam favorit lho di Filipina. Kalau kebetulan lagi traveling ke sana, jangan lupa mampir ya.

(Sumber: Amusing Planet)

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini