Wow, Ada Beberapa Tombol Rahasia di WhatsApp yang Bisa Digunakan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – WhatsApp memiliki bermacam-macam filtur yang bermanfaat bagi penggunanya. Meski demikian tidak semua menyadari fungsi dan filtur yang disediakan. Bahkan, beberapa orang mungkin tidak mengetahui ada filtur atau ‘tombol rahasia’ yang disematkan dalam aplikasi tersebut.

Ada beberapa filtur yang selama ini belum diketahui, seperti pesan berbintang atau starred message. Filtur ini sama fungsinya dengan pinned, hanya tinggal menekan layar cukup lama pada pesan yang ingin ditandai. Kemudian, muncul opsi tanda bintang di bagian atas layar.

Bila tombol tersebut ditekan, maka pesan penting itu dengan cepat dapat ditemukan di tab ‘pesan berbintang’.

Kemudian ada filtur untuk mematikan atau menonaktifkan centang biru yang menjadi tanda bahwa penerima pesan sudah membuka dan membaca pesan pengirim. Caranya dengan buka Pengaturan, pilih akun, lalu pilih privasi dan Untick Read Receipts.

Selain itu, ada filtur keamanan ganda yang bisa dioperasikan. Bila pengguna iOS bisa mengatur akun WhatsApp dengan meminta otentikasi Face ID atau Touch ID saat membuka aplikasi tersebut.

Caranya dengan masuk ke Pengaturan lalu pilih akun kemudian pilih privasi dan kunci layar, terakhir aktifkan Face ID atau Touch ID. Melalui filtur ini, pengguna WhatsApp di iOS tidak perlu menginstal lagi aplikasi lain dari pihak ketiga untuk kunci WhatsApp.

Sementara itu jika ingin menyembunyikan status ‘terakhir dilihat’ supaya tidak bisa dilihat teman atau kontak lainnya bisa dilakukan. Caranya dengan membuka pengaturan lalu pilih akun dan privasi, kemudian pilih terakhir dilihat (last seen).

Setelah itu, sesuaikanlah dengan kategori yang diinginkan agar semua orang, kontak atau tidak satu pun bisa melihat terakhir online.

Terakhir, apabila terganggu dengan grup yang ramai terus menerus maka cara terbaik adalah menonaktifkan notifikasi grup dengan filtur mute group notifications atau bisukan pemberitahuan grup.

Terdapat tiga pilihan yaitu bisukan selama delapan jam, seminggu, atau selamanya. Caranya bisa dengan ketuk dan tahan grup yang ingin dibisukan lalu pilih simbol mute pada bagian atas layar dan sesuaikan waktunya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini