WFH Saat Pandemi, Apa Perlu Double Cleansing?

Baca Juga

MATA INDONESIA JAKARTA – Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung lebih dari enam bulan di Indonesia membawa banyak sekali perubahan. Jika biasanya kita banyak melakukan aktivitas di luar rumah, kini berbagai macam aktivitas tersebut dialihkan menjadi bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Berbagai perubahan ini tentu saja sedikit-banyak merubah kebiasaan kita, salah satunya dalam bentuk perawatan wajah. Disaat banyaknya aktivitas di luar rumah, ditambah dengan penggunaan makeup, kita dianjurkan untuk melakukan double cleansing agar wajah kembali dalam keadaan bersih.

Namun, saat WFH seperti saat ini, apa masih perlu melakukan double cleansing? Simak ya ulasan berikut ini!

Apa itu Double Cleansing?

Double cleansing adalah metode perawatan wajah yang berfungsi untuk membuat wajah kembali dalam keadaan bersih seperti sebelum menggunakan skincare atau makeup. Setelah melakukan aktivitas yang padat, terkena debu, polusi, keringat, maupun penggunaan makeup, metode double cleansing ini sangatlah dibutuhkan. Metode double cleansing terdiri dari dua step yang harus dilakukan, yaitu: first cleansing dan second cleansing.

First cleansing atau oil based cleanser merupakan tahapan awal yang harus dilakukan. Dimana pada tahap ini, berfungsi untuk mengangkat kotoran pada wajah yang akan larut dalam minyak. Contohnya seperti makeup, sunscreen atau sunblock. Kamu dapat menggunakan produk micellar water, makeup remover, dan milk cleanser pada tahap first cleansing ini.

Selanjutnya ada second cleansing atau water based cleanser. Dimana pada tahap ini, berfungsi untuk mengangkat kotoran pada wajah yang hanya akan larut dengan air. Contohnya seperti membersihkan wajah dari keringat, debu, dan polusi. Pada tahap second cleansing ini produk yang harus kamu gunakan adalah produk pembersih wajah yang memang cocok dengan kulitmu.

Pentingkah Melakukan Double Cleansing?

Setelah melakukan aktivitas padat di luar rumah, metode double cleansing ini memang sangat penting sekali untuk dilakukan. Selain akan membuat wajah kembali bersih, double cleansing bermanfaat membuat wajah menjadi lebih siap untuk selanjutnya menggunakan skincare rutin harian. Dengan wajah yang bersih tanpa ada lagi kotoran yang menempel, skincare yang digunakan akan lebih terasa manfaatnya.

Untuk penggunaan metode double cleansing sendiri, berbagai ahli kecantikan memiliki pendapat yang berbeda-beda. Ada yang menyarankan untuk melakukannya pada pagi dan malam hari, ada juga yang berpendapat jika cukup dilakukan pada malam hari setelah sebelumnya melakukan aktivitas padat.

Selama WFH, Apa Perlu Melakukan Double Cleansing?

Selama beraktivitas di dalam rumah, berbagai macam kotoran, debu, keringat, dan radikal bebas lainnya akan tetap dengan mudah menempel pada wajah. Karena hal inilah, merawat kebersihan wajah dengan melakukan metode double cleansing tetap penting untuk dilakukan.

Rasa malas dan menganggap wajah selalu bersih ketika di rumah mungkin akan kamu rasakan. Namun jangan sampai membiarkan hal ini terjadi begitu saja, karena jika tidak merawat kebersihan wajah, berbagai dampak buruk akan dengan mudah kamu dapatkan dikemudian hari.

Reporter: Rini Apriliani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini