Work From Home Lagi? Hindari 4 Hal Ini ya!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sudah hampir setahun sejak pandemi virus corona melanda bumi, memaksa sejumlah bisnis dan industri tetap menutup kantor mereka dan bekerja melalui jarak jauh atau bekerja dari rumah (Work From Home/ WFH).

Pengalaman kerja jarak jauh masih cukup baru. Sistem WFH bahkan tidak memuaskan sejumlah karyawan, yang akhirnya membuat kesalahan saat bekerja. Tanpa disadari, bekerja dari jarak jauh dapat memengaruhi produktivitas kerja.

Melansir Times of India, beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat WFH.

Hindari tempat tidur dan sofa

Saat WFH, Anda dapat bekerja dengan sangat nyaman di kehangatan rumah. Meskipun itu benar, karyawan akhirnya menjatuhkan diri di tempat tidur atau sofa mereka dan mulai mengerjakan laptop mereka tanpa menganalisis betapa berbahayanya hal itu bagi kesehatan fisik dan mental mereka.

Anda mungkin akan menderita karena posisi yang salah dan itu dapat memengaruhi postur Anda. Jadi, saat WFH, belilah meja dan kursi sederhana untuk menghindari bekerja di tempat tidur atau sofa.

Jangan lupa berkomunikasi dengan tim

Bekerja secara terpisah dapat melelahkan, karena komunikasi yang kurang lancar dapat terjadi. WFH juga berpotensi meningkatkan kemungkinan miskomunikasi dan karyawan mungkin merasa diabaikan.

Jadi, manajer tim harus memastikan ada komunikasi yang memadai melalui pesan teks, panggilan audio atau video untuk mengetahui tugas, status proyek, produktivitas kerja karyawan, dan jika mereka menghadapi masalah, dll.

Buat batasan

Akan selalu ada pekerjaan dan gangguan lain di rumah saat WFH. Oleh karena itu, penting untuk mempertahankan struktur kerja dengan membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan, tetap dalam bagian tertentu dari rumah di mana tidak ada yang dapat mengganggu Anda.

Jangan lupa untuk membuat batasan tentang berinteraksi saat Anda berada di tengah jam kerja. Ini membantu Anda tetap fokus pada pekerjaan dan tidak terganggu oleh hal-hal lain di rumah.

Jangan mengabaikan kesehatan

Ketika WFH, terkadang Anda tidak menikmati aktivitas fisik kecil yang biasa Anda lakukan di kantor, seperti berjalan dari satu meja atau ruang konferensi ke ruang lain, berjalan ke kafetaria dll.

Sedangkan ketika Anda WFH, Anda akan menemukan diri Anda dengan sakit punggung yang konstan, mati rasa di kaki Anda, dan banyak lagi. Tidak heran, beberapa bahkan lupa makan siang! Ini sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan Anda saat bekerja karena itu harus selalu menjadi prioritas terlepas dari tekanan di tempat kerja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini