(Foto: San Diego Zoo Animal)

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Ketika memelihara hewan, kita juga harus memperhatikan kesehatan juga kondisi lingkungan sekitar hewan peliharaan kita. Hewan yang sehat dapat dilihat dari tingkah lakunya yang aktif dan friendly.

Sebaliknya, jika sakit maka si hewan peliharaan akan cenderung menyendiri, matanya sayu, lemas, dan kehilangan nafsu makan. Pada hewan sugar glider sangat jarang bahkan mungkin tidak ada penyakit yang dapat menular ke manusia. Tetapi ada beberapa penyakit yang dapat menyerang pada dirinya sendiri. Berikut penjelasannya :

  1. HLP (Hind Leg Paralysis)

Penyakit ini menyerang sugar glider berupa kelumpuhan tulang kaki belakang. Dikarenakan kekurangan vitamin atau asupan kalsium dan D3. Karena itu pemberian makanan dengan kalsium dan vitamin yang tinggi sangat dianjurkan.

  1. Diare (Pencernaan)

Diare pada sugar glider disebabkan karena kesalahan pada pemilihan menu makanan, seperti makanan yang asam atau kecut. Kemudian bisa karena makanan yang sudah tidak layak atau basi. Dapat dilihat dari bentuk feses kotorannya cenderung cair.

  1. Mata

Penyakit mata pada sugar glider antara lain katarak, bengkak, dan berair. Katarak diakibatkan bawaan dari lahir. Kemudian bengkak dan berair diakibatkan dari lingkungan yang kotor, berkelahi hingga adanya luka infeksi.

  1. Psikologis atau Stress

Penyakit psikologis yang menyerang sugar glider diakibatkan karena sakit, kesepian, dan asupan makanan yang kurang. Dapat menjadi stress juga sehingga menyebabkan hairloss, mutilasi diri, dan mati mendadak.

  1. Hairloss

Pada hairloss, penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya bakteri akibat kandang yang kotor dan stress.

Nah, itu dia beberapa penyakit yang dapat menyerang ke dalam diri sugar glider sendiri. Menjaga kebersihan adalah salah satu faktor penting agar sugar glider Anda tetap sehat dan aktif.

Penulis : Budiyani Rahmawati

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here