Waspada! Virus Corona Bisa Bertahan 28 Hari di Layar Ponsel

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 belum juga memperlihatkan tanda-tanda akan usai. Bahkan, fakta-fakta baru mulai terungkap terkait virus corona ini.

Salah satunya mengenai cara penularan virus asal Wuhan tersebut. Sejumlah penelitian menyebutkan Covid-19 menular lewat berbagai cara. Selain kontak langsung, virus corona juga menular melalui permukaan benda yang disentuh penderita Covid.

Dilansir dari BGR, Kamis 22 Oktober 2020, publikasi Jurnal Virolo melihat berapa lama virus Covid-19 dapat bertahan di berbagai permukaan dan seberapa menularnya. Di antaranya yang diuji ialah permukaan uang kertas dan layar ponsel.

Studi jurnal virologi mencatat virus corona dapat bertahan di uang kertas paling lama, bahkan dapat bertahan hingga 28 hari pada suhu 68 derajat Fahrenheit atau 20 derajat Celsius. Begitu pula dengan layar ponsel.

Layar ponsel disebut tidak jauh berbeda dengan uang kertas. Virus corona disebut bisa bertahan lama dan berbahaya mengingat kebanyakan orang tidak membersihkan layar ponsel mereka sebaik atau sesering yang seharusnya.

Dilansir dadi Jurnal Virologi Bio Medical Central temuan ini menunjukkan virus corona dapat tetap menular untuk jangka waktu yang jauh lebih lama daripada yang diperkirakan secara umum. Tak terkecuali barang-barang yang sering kita gunakan, termasuk layar ponsel.

Maka, sangat penting bagi kita untuk turut menjaga kebersihan barang dan gadget kita sendiri. Ada baiknya selalu membersihkan layar ponsel dengan tisu basah atau disinfektan usai terpegang oleh tangan kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini