Waspada! Sejumlah Penyakit yang Rentan bagi Pria Usia 50-an

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Usia yang kian menua turut membuat daya tahan tubuh melemah dan sejumlah masalah kesehatan pun muncul. Hal ini kerap terjadi bagi pria yang sudah berada di atas usia 50-an.
Melansir dari Positive Med, berikut ini sejumlah masalah kesehatan yang rentan dialami oleh pria di atas usia 50 tahun.

Obesitas
Di usia ini risiko pria untuk terkena obesitas akan meningkat. Hal itu dikarenakan metabolisme tubuh melambat, sehingga akan menjadi lebih sulit untuk pria 50-an untuk menurunkan berat badan mereka.

Ilustrasi obesitas (istimewa)

Ada banyak faktor yang membuat pria paruh baya menjadi rentan obesitas, salah satunya adalah sejarah kesehatan keluarga, tingkat metabolisme, dan masalah tiroid.

Disfungsi Ereksi
Metabolisme bukanlah satu-satunya hal yang memperlambat dengan usia. Aliran darah secara keseluruhan dan sirkulasi ke seluruh tubuh juga melambat, yang menyebabkan pria mengalami kesulitan mendapatkan dan mempertahankan ereksi. Diperkirakan pria di atas 50 adalah 48 persen lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi.

Ilustrasi disfungsi ereksi (istimewa)

Pemeriksaan fisik tahunan dan pemeriksaan testosteron dapat membantu mendiagnosis ED. Dokter mungkin meresepkan obat, atau membuat perubahan gaya hidup, jika berlaku, seperti meningkatkan latihan, menurunkan berat badan, atau berhenti merokok. Selain itu, disarankan untuk rajin berolahraga dan mengatur pola makan harian.

Depresi
Masalah kesehatan yang terkait dengan penambahan usia, seperti disfungsi ereksi, kanker, dan hilangnya dorongan seksual, dapat memicu depresi pada pria usia 50-an. Depresi dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti obesitas atau libido rendah.

Ilustrasi depresi (istimewa)

Masalah kesehatan ini dapat menjadi penyebab serta efek dari masalah lain. Oleh karena itu, pada usia yang sudah lanjut ini, sebaiknya hindari masalah dan buat diri sesenang mungkin.

Masalah Prostat
Seiring dengan bertambahnya usia, pria harus lebih waspada dengan adanya pembesaran kelenjar prostat dan kanker prostat. Sebab, risiko pria terkena pembesaran kelenjar prostat dan kanker prostat akan meningkat hingga 40 persen di usia 50-an.

Ilustrasi masalah prostat (istimewa)

Pembesaran kelenjar prostat akan membuat pria kesulitan untuk menahan keinginan buang air kecil dan jadi lebih sering berkemih. Pria juga mungkin mengalami nyeri di bagian punggung dan panggul, atau bahkan menderita disfungsi ereksi jika tumor terbentuk pada prostat.

Selain usia, makanan tinggi lemak hewani dan latar riwayat keluarga adalah dua faktor lain yang dapat meningkatkan risiko pria terkena kanker prostat atau pembesaran kelenjar prostat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini