Waspada! Penyakit Ini Selalu Menyerang Kala Musim Hujan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hujan tiba, wabah penyakit rutin di musim hujan mulai merajalela. Tidak peduli siapa yang sehat dan paling sehat, kalau penyakit sudah datang masyarakat harus siap menyambutnya.

Bisa dibilang sesuatu yang biasa jika setiap musim hujan berbagai gejala penyakit mulai menyerang tubuh, ada yang membuat demam, pusing, sampai kematian datang. Lalu, penyakit apa saja yang ada di musim hujan, berikut infonya:

1. Influenza atau Flu

Penyakit yang satu ini biasanya bermula dari gejala bersin-bersin yang kurang terkendali serta mengeluarkan cairan dari dalam hidung. Flu memang tidak memandang wilayah dingin maupun tropis, setiap orang rata-rata mudah terkena penyakit ini.

Flu disebabkan oleh virus influenza yabg tersebar melalui batuk, bersin, dan sentuhan benda yang telah terkontaminasi penderita flu.

2. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Sudah jadi hal lumrah di musim hujan nyamuk Aedes Aegypti berkeliaran mencari mangsa.

DBD yang parah bisa mengakibatkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba hingga kematian.

Nyamuk memang suka dengan tempat yang tergenang air untuk dijadikan tempat tumbuhnya sarang jentik nyamuk.

3. Demam Tifoid (Tipes)

Musim hujan enaknya makan-makanan yang hangat dan nikmat di lidah. Akhirnya banyak masyarakat yang mengkonsumsi atau jajan sembarangan di pinggir jalan sambil menunggu hujan reda untuk kembali beraktivitas.

Kalau sering makan sembarangan, siap-siap saja terkena bakteri Salmonella thypi karena bakteri ini tersebar melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi.

Jika tidak ditangani segera akan mengalami penyakit pleuritis, gagal jantung akut, sampai kematian.

4. Leptospirosis (kencing tikus)

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Lepstospira interrogans. Untuk penyebarannya bisa melalui sentuhan, seperti tanah atau air, tanah basah, dan tanaman yang terkontaminasi dari urine binatang yang terinfeksi.

Ternyata tidak hanya tikus saja yang menular bakteri, tetapi juga beberapa hewan lainnya, seperti sapi, bambing, reptil, hewan amfibi, dan hewan pengerat lainnya.

Kencing tikus ini mempunyai beberapa gejala, yaitu demam tinggi, mata merah, otot besi, dan perut. Namun, terhadap kasus tertentu bisa mengakibatkan gangguan hati, gagal ginjal, meningitis, dan kegagalan pernapasan.

5. Malaria

Serangan nyamuk ini termasuk yang berbahaya, Malaria terjadi akibat infeksi parasit plasmodium. Tersebarnya nyamuk Malaria di musim hujan justru meningkat, mengingat semakin banyaknya genangan yang ada di jalan

Bila penyakit ini tidak bisa ditangani segera maka perkembangan nyamuk Malaria semakin pesat hingga mengancam nyawa. (Anita Rahim)

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini