kasus covid-19 bertambah

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 di Indonesia semakin meradang. Hingga saat ini, angka positif sudah mencapai 11.278 kasus per harinya.

Hal tersebut tentu menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat. Terlebih, ada beberapa kasus pasien positif Covid-19 yang membutuhkan waktu lama untuk kembali pulih.

Kasus tersebut disebut dengan long Covid-19. Fenomena ini sering ditemukan yakni pasien terpapar virus corona tak kunjung sembuh meski sudah melakukan isolasi mandiri dan gaya hidup sehat.

dr. Grace Hananta, C.Ht mengatakan ada tipe Covid yang bersarang dalam waktu lama di tubuh pasien. Meskipun pasien sudah melakukan kiat-kiat khusus untuk membunuh virus tersebut.

“Memang ada tipe Covid-19 tersebut yang digolongkan dalam long Covid-19. Masih ada sisa-sisa virus yang masih terdeteksi di dia, badannya belum mengeliminasi,” ucap dr. Grace saat dihubungi Minews.id,┬áSenin 25 Januari 2021.

dr. Grace pun menjelaskan kemungkinan virus tersebut sudah tak aktif lagi. Hanya saja tubuhnya belum selesai mengemilinasi dengan baik.

“Tapi peradangan masih terjadi untuk sisa-sisa virusnya jadi deteksi PCR masih positif terus,” kata dr. Grace.

Meski begitu, tetap ada jalan keluar untuk menangani pasien long Covid-19 yang tak kunjung pulih. dr. Grace menyarankan untuk lebih banyak istrihat.

“Harus banyak istirahat dan naikin imunitas dengan nutrisi yang bagus, makanannya yang alami dan jangan instan,” ucapnya.

Sebelumnya, ada pasien-pasien yang mengalami long Covid-19. Salah satunya yang ramai dibicarakan ialah dr. Sophia Elizabeth Sadoek.

Ia merupakan pasien Covid-19 terlama di tanah air. Ia harus berjuang melawan virus tersebut selama 82 hari. Waktu tersebut ia butuhkan untuk benar-benar sembuh total dari virus asal Wuhan itu.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here