Ilustrasi insomnia (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak yang beranggapan bahwa kurang tidur bisa di bayar dengan hutang tidur. Atau istilahnya dengan balas dendam di hari libur dan bisa tidur seharian.

Itu tidak benar dan tidak juga bisa bermanfaat, karena otak manusia itu tidak mampu untuk menyetarakan waktu tidur yang sebenarnya secara baik atau waktu tidur yang di paksakan secara seharian.

Normal waktu tidur untuk manusia itu berbeda-beda, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, orang tua itu semua berbeda. Manusia normalnya tidur 7-9 jam per hari, itu range seluruh dunia untuk nilai rata-rata jam tidur yang normal.

Apa yang di alami tubuh jika kurang tidur?

Bermacam-macam, contohnya kurang konsentrasi, hilangnya mood, depresi, stress bahkan perubahan pola makan dan terjadinya obesitas pada tubuh. Itu kira-kira yang terjadi pada tubuh jika kurang tidur. Apadun tanda-tanda tubuh yang alami jika kurang tidur, contohnya seperti mata itu terlihat lebam, merah dan kehitaman di kelopak mata bawah.

Apa saja sih, bahayanya kurang tidur padatubuh kita. Berikut pembahasan menurut, Dr. Sugadi Santoso yang di lansir dari video YouTube SB30 Health:

1. Berdampak pada Hormon

Kurang tidur akan berdampak terhadap hormon kita, terutama pada sex. Jadi, pada pria dewasa yang setiap hari tidurnya hanya 4-5 jam secara rutin, itu bisa meyebabkan penurunan kadar level testosteronenya.

Bahkan, penurunan tersebut bisa seperti seniornya yang 10 tahun di atas usia mereka. Dan ini juga berlaku untuk reproduksi wanita.

2. Masalah di Kardiovaskular

Kurang tidur pada sistem Kardiovaskular. Kardiovaskular berbicara tentang kesehatan sistem jantung kardio atau jantung vaskular dan itu adalah pembuluh darah. Hubungannya kurang tidur dengan kardiovaskular

3. Berdampak pada Sistem Kekebalan Tubuh

Pengaruh kurang tidur juga bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Terdapat yang namanya NK Cell (Nature Killer Cell).

NK Cell bisa di ibaratkan sebagai agen rahasia yang tugasnya untuk mengidentifikasi zat-zat yang berbahaya atau yang tidak di inginkan oleh tubuh kita lalu di eliminasi. Namun ketika kurang tidur, ini akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh terhadap NK Cell kita.

4. Risiko Kanker

Mereka yang kurang tidur memiliki risiko terkena kanker lebih besar, dibandingkan mereka yang tidurnya cukup. Dan kurang tidur merupakan salah satu faktor risiiko terkena kanker yang sering dianggap remeh.

5. Mengikis DNA

Pengaruh kurang tidur terhadap kode genetik yaitu DNA. Jadi kurang tidur ini bahkan mengikis jalan kehidupan biologis itu sendiri yaitu kode genetik DNA.

Reporter: Novita Sari

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here