Waspada! Kenali Tanda-tanda Limfoma Hodgkin, Kanker Kelenjar Getah Bening

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Kanker Limfoma Hodgkin atau biasa dikenal kanker kelenjar getah bening adalah penyakit yang menyerang kelenjar getah bening yang berada di leher dan kepala.

Kelenjar getah bening adalah kumpulan limfosit yang ditemukan diseluruh tubuh, termasuk di dada, perut dan panggul. Biasanya penyakit kanker kelenjar getah bening ditandai dengan adanya benjolan.

Namun kamu harus pahami loh, bahwa bukan hanya benjolan saja yang menjadi gejala utama kanker ini. Yuk, disimak selengkapnya.

1. Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Tanda-tanda pertama yang harus kamu waspadai ialah munculnya benjolan-benjolan di area kelenjar getah bening. Cobalah periksa bagian leher, sekitaran dada, rahang dan ketiak. Jika ada, maka kamu jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter.

2. Demam

Jika kamu merasa demam yang bisa datang danu pergi selama beberapa minggu tanpa infeksi, kamu juga harus segera konsultasikan ke dokter, karena bisa jadi demam mu adalah salah satu tanda Lifoma Hodgkin.

3. Berkeringat di Malam Hari

Berkeringat pada siang hari mungkin hal yang wajar, tapi berbeda jika kamu berkeringatnya di malam hari. Apalagi jika ruanganmu sudah memakai pendingin udara namun kamu tetap berkeringat. Bisa jadi itu bagian dari gejalanya.

4. Berat Badan Turun Drastis

Tak semua berat badan yang turun adalah hal yang positif. Kamu patut me-waspadainya ketika berat badanmu turun drastis atau sekitar 10% dari tubuhmu dalam kurun waktu enam bulan, bisa jadi itu salah satu tanda kanker kelenjar getah bening.

5. Mudah Lelah

Gejala selanjutnya ialah mudah kelelahan. Padahal kamu merasa aktifitasmu tak banyak. Hal tersebut juga perlu kamu waspadai ya!

6. Kehilangan Selera Makan

Selain menurunnya berat badan, munculnya penyakit Limfoma Hodgkin juga ditandai dengan nafsu makan yang berkurang loh! Segera konsulasikan jika terjadi perubahan dengan nafsu makanmu.

7. Susah Bernapas dan Nyeri Dada

Kanker ini juga ditandai dengan rasa sesak dan nyeri pada dada. Gejala tersebut mungkin tak melulu tentang Limfoma Hodgkin, namun tak ada salahnya jika kamu segera periksakan ke dokter.

Itulah sederet tanda-tanda munculnya Limfoma Hodgkin atau kanker kelenjar getah bening yang perlu kamu waspadai. Yuk hidup sehat dari sekarang dan segera konsultasi pada dokter jika gejala tersebut menyerang kamu atau orang-orang tercintamu. (Annastasya Rizqa/RyV)

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini