Waspada Jika Tubuh Selalu Menuntut Makanan Asin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apabila tubuh selalu menuntut makanan asin atau garam maka sudah sepatutnya Anda waspada. Meski garam memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya tekanan darah rendah serta memelihara fungsi organ tubuh namun jika terlalu banyak dikonsumsi bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Terdapat 4 penyebab mengapa tubuh menuntut asupan garam berlebih yaitu pertama karena dehidrasi. Melansir dari Healthline, tubuh membutuhkan komposisi cairan dalam level tertentu agar bisa berfungsi dengan benar.

Ini adalah sinyal dari tubuh agar Anda minum lebih agar bisa mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sementara itu gejala lainnya dari dehidrasi adalah pusing, kehausah, produksi urine yang menurun hingga mood swings.

Kedua yaitu elektrolit yang tidak seimbang. Ketika tubuh Anda kekurangan sodium maka kerja tubuh tidak akan maksimal. Kadar elektrolit yang tidak seimbang ini bisa membuat tubuh menuntut asupan garam dan bisa memicu gejala lain seperti kepala pusing, mual dan muntah hingga mood yang mudah memburuk.

Ketiga karena stres. Sebuah studi menegaskan bahwa jika mengonsumsi garam dengan kadar yang tinggi bisa menekan keluarnya kortisol. Maka ketika tubuh menuntut asupan garam bisa jadi Anda tengah dilanda stres dan tubuh membutuhkan sodium untuk mengontrol keluarnya hormon kortisol.

Keempat yakni karena kehamilan. Morning sickness dalam kehamilan bisa menyebabkan mual dan muntah sehingga ibu hamil rawan dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka akan menuntut garam lebih banyak untuk menyeimbangkan elektrolit dalam sel-selnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini