Gempa 5,2 M di Maluku Barat Daya Pagi Ini, Berpotensi Tsunami?
Ilustrasi gempa bumi

MATA INDONESIA, JAKARTA-Awal tahun 2021, Indonesia seolah diliputi dengan kabar duka yang tak ada habisnya. Salah satunya yang tengah jadi perhatian ialah bencana gempa bumi yang mengguncang Majene, Sulawesi Barat, Jumat 15 Januari 2021 dini hari.

Sampai hari ini, tercatat 43 korban jiwa akibat musibah tersebut. Ratusan bangunan pun hancur luluh lantah.

Bicara soal gempa bumi, siapa pun pasti akan panik saat menghadapinya. Mereka bakal kalang kabut dan melakukan apa saja demi keselamatan diri.

Namun, kamu harus tahu bahwa gak semua hal yang kamu lakukan saat gempa bumi aman lho. Bisa jadi, niat untuk menyelamatkan diri malah membahayakan dirimu.

Apa aja sih yang gak boleh kamu lakukan saat terjadi gempa bumi? Yuk simak!

1. Berlari

Pastinya kamu akan reflek dan lari sekencang mungkin saat gempa datang. Sayangnya, hal tersebut justru mengundang bahaya gaes.

Riset banyak membuktikan bahwa korban luka banyak berjatuhan justru saat orang melarikan diri dari dalam gedung. Jendela atau pernik interior ruang dapat jatuh akibat goncangan dan orang dapat terkena pecahannya saat berlari.

Maka, sebaiknya kamu tetap berada di posisi semula ya. Jika berada di dalam ruangan tetap di tempat begitu pula yang berada di luar.

2. Memakai Lift

Saat kamu berada di kantor dan terjadi gempa, kamu pasti ingin segera keluar dari gedung tersebut. Tanpa sadar, kamu malah menggunakan lift dengan maksud agar cepat turun ke lantai dasar.

Sayangnya, hal tersebut justru membahayakan gaes. Saat terjadi gempa, dikhawatirkan terjadi gangguan listrik.

Tak hanya komunikasi terganggu, kinerja lift pun demikian. Sebaiknya gunakan tangga darurat untuk menghindari kejadian terperangkap dalam lift.

3. Berdiri di Depan Pintu

Banyak yang menganggap berdiri di depan pintu saat gempa merupakan tindakan paling aman ketimbang berada di ruangan. Padahal hal tersebut tidak dibenarkan lho!

Mulut pintu yang kuat hanya berada pada rumah atau bangunan tua dan menggunakan kayu besar. Jika di rumah-rumah modern seperti sekarang, pintu tak sekokoh yang kita bayangkan dan bisa saja menimpamu saat terjadi gempa.

4. Berkendara Lewat Jembatan

Satu lagi yang harus kamu hindari saat gempa ialah berkendara melewati jembatan. Hal itu sangat berbagaya jika dilakukan saat gempa gaes.

Kedua lokasi ini rawan runtuh saat terjadi gempa. Solusi lain yang bisa dilakukan ialah menghentikan mobil dan tetap berada di dalam mobil. Pastikan tidak memarkir mobil di bawah pohon, di bawah jalan layang, tiang listrik atau dekat gedung.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here