Waspada! Inilah Modus-Modus Pencurian di KRL dan Cara Mencegahnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Modus pencurian di kereta rel listrik (KRL) atau Commuter Line memang sudah lama tersiar. Seiring berjalannya waktu, ragam modus yang ada semakin membuat resah sebagian besar penumpangnya.

Seperti diketahui, para pencuri ini memang kerap kali melakukan aksinya di tempat ramai, bahkan penuh sesak seperti di KRL. Kesempatan itu banyak dimanfaatkan oleh para tangan-tangan panjang untuk melancarkan aksinya.

Bagi yang belum tau, inilah macam-macam modus pencurian yang sering terjadi di KRL Commuter Line.

1. Memepet Target

Modus ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Teknik ini ampuh bagi para pelaku pencurian melahap barang-barang yang diincar.

Awalnya para pelaku akan menunggu momen yang tepat, biasanya terjadi saat kondisi sedang ramai sehingga memudahkan pelaku memepet targetnya.

Kalau ciri-ciri di atas terjadi pada kalian, lebih baik menjauh dari orang mencurigakan tersebut dan terus pantau perilakunya, siapa tau dia sedang mengincar target lain yang berada di sekitarnya.

2. Berpenampilan Rapih

Jangan sangka, para pelaku sering kali berpenampilan rapih bahkan seperti layaknya pekerja kantoran yang mempu membuat korbannya terkecoh.

Belum lama ini dari chanel youtube Juarsah Gumay, membagikan video pencurian telepon genggam di KRL Commuter Line arah Tanah Abang.

Dalam video tersebut pelaku akhirnya diturunkan di Stasiun Karet dan langsung diamankan oleh petugas keamanan KRL Commuter Line.

Kalau menemukan ciri yang serupa, berpenampilan rapih dan mencurigakan segeralah menjauh. Kalau bisa, laporkan juga ke petugas keamanan gerbong kereta agar pelaku tersebut dapat dipantau langsung pergerakannya.

3. Menukar Tas

Modus yang satu ini pernah menjadi trending topik di media sosial Twitter. Berawal dari seorang wanita yang curhat di Twitter tentang tasnya yang hilang di Commuter Line.

Curhatan wanita tersebut ternyata direspons oleh penumpang lainnya yang merasakan hal yang sama.

Kebetulan tas wanita ini terletak persis di bagasi samping pintu keluar. Karena asyik main gadget, wanita ini tidak menyadari bahwa tasnya telah raib. Akhirnya ia pun pulang hanya membawa berkas kantor dan gagdet yang selalu ia pegang itu.

Untuk menghindari modus tersebut, biasakan menaruh tas jangan persis di samping pintu keluar karena itu akan memudahkan pelaku memulai aksinya. Taruhlah tas di bagian tengah agar menyulitkan pelaku mengambil tas tersebut.

Biasakan untuk tidak melulu bermain telepon genggam sehingga kalian bisa terus pantau barang bawaan.

Yang lebih aman, kalian bisa menaruh tas pada bagian depan agar selalu terjaga dari modus nakal pelaku pencurian. (Anita Rahim)

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini