Waspada! Ini Spot Rawan Tertular Covid-19 saat Mendaki Gunung

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Buat kamu yang sudah haus liburan dan ingin menikmati kesegaran alam bebas, maka mendaki gunung menjadi pilihan wisata yang tepat. Selain bisa menyaksikan pemandangan alam, mendaki gunung juga bagus untuk melatih fisik dan daya tahan tubuh.

Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal jika memutuskan mendaki gunung di weekend ini. Seperti barang-barang penunjang protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, sabun dan sebagainya, lalu perhaikan pula kondisi kesehatanmu sendiri. Ingat, jika dirasa kurang fit, lebih baik tunda keinginanmu untuk mendaki ya.

Gak cuma itu, kamu juga perlu loh memperhatikan medan dan titik-titik di gunung yang mana bisa jadi tempat rawan penularan virus Covid-19. Biar lebih paham, yuk simak beberapa spot di pendakian yang perlu kamu waspadai saat naik gunung.

1. Basecamp atau Rumah Singgah Pendaki

Titik ini bisa jadi tempat rawan penyebaran virus corona loh gaes. Sebeb, basecamp atau rumah singgah pendaki bisa jadi tempat yang ramai dikunjungi orang-orang.

Jika dirasa cukup ramai, ada baiknya kami mencari spot yang agak sepi dari kerumunan untuk kamu beristirahat. Dan jangan lupa untuk terus mengenakan maskermu ya.

2. Pos Registrasi

Tempat ini juga bisa jadi sasaran kerumunan orang sebelum mereka hendak mendaki ke puncak gunung. Ada baiknya, jika kamu melihat orang-orang berkerumun, kamu tetap sabar dan menunggu kerumuman itu reda ya. Jika dirasa sudah aman, baru kamu bisa melakukan registrasi di pos ini.

3. Area Berkemah

Spot area berkemah juga pasti akan membuat banyak pendaki berkerumun ya. Hal tersebut tentu meningkatkan risiko penularan Covid-19 apalagi jika kamu tak menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Meski sedang padat pengunjung, jangan lupa untuk selalu menerapkan jaga jarak dengan kelompok pendaki lain ya. Kurangi mengobrol terlalu dekat dengan orang asing dan jangan lepaskan maskermu.

4. Puncak Gunung

Kalau di aera berkemah kamu masih bisa berlindung di dalam tenda, lain halnya saat di puncak gunung. Tempat ini pastinya akan ramai pendaki terutama saat waktu matahari terbit dan terbenam.

Jika kamu memutuskan untuk mendaki sampai ke puncak gunung, jangan lupa untuk membawa persediaan ala protokol kesehatan, seperti masker, dan hand sanitizer ya. Dan usahakan untuk menikmati pemandangan dari puncak gunung dengan tertib tanpa harus berkerumun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini