Waspada! Ini Sederet Komplikasi Diabetes yang Bisa Sebabkan Kematian

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Komedian tanah air, Idan Separo dikabarkan meninggal dunia pada Rabu, 2 September 2020 akibat penyakit diabetes yang dideritanya. Kabarnya, Idan telah mengidap penyakit ini sejak tahun 2007.

Idan meninggal karena tubuhnya sudah mengalami komplikasi akibat penyakit diabetesnya. Ia mengalami pembengkakan jantung hingga permasalahan pada ginjal.

Dikutip dari Halodoc, diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya gula darah (glukosa) dalam tubuh. Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun pernah menyatakan bahwa diabetes bisa meningkatkan risiko kematian seseorang, terlebih jika sudah mengalami komplikasi.

Lantas, mengapa penyakit diabetes bisa membuat komplikasi pada organ tubuh lain?

Hal ini disebabkan dari glukosa atau gula darah yang tinggi di dalam tubuh. Jika glukosa tersebut terus bertambah, maka akan menumpuk dan menimbulkan berbagai masalah dengan organ tubuh lain.

Oleh karena itu, seseorang yang mengidap diabetes perlu rutin periksa kadar gula darahnya sebelum parah dan menyebabkan komplikasi. Berikut, adalah macam-macam komplikasi pada diabetes yang perlu di waspadai. Nih simak:

1. Stroke

Penyakit diabetes yang parah bisa menyebabkan stroke diakibatkan penumpukan plak pada pembuluh darah akibat hiperglikemia.

Pada pengidap diabetes, stroke bisa menurunkan fungsi otak dalam berkoordinasi, berpikir, menelan makanan hingga menggerakan badan. Hal ini disebabkan karena terjadinya penyumbatan aliran dari oksigen ke otak.

2. Penyakit Ginjal

Pada dasarnya, ginjal berfungsi untuk menyaring racun-racun dalam tumbuh yang nantinya akan dikeluarkan lewat urin. Namun, jika pengidap diabetes tidak mengontrol dirinya, maka bisa menyebabkan penyakit pada ginjal.

Hal ini disebabkan pada gula darah yang tidak diperhatikan bisa mengganggu pembuluh darah di ginjal sehingga menyebabkan kerusakan yang berujung lada penyakit ginjal.

3. Penyakit Kardiovaskular

Pengidap diabetes yang tidak memperhatikan kondisinya bisa menyebabkan komplikasi, yakni penyakit kardiovaskular. Hal ini terjadi akibat adanya kerusakan pembuluh darah pada pengidap diabetes.

Kondisi tersebut bisa lebih parah jika gaya hidup pasien tidak sehat, salah satunya masih merokok. Penyakit kardiovaskular bisa meliputi hipertensi dan penyakit jantung.

4. Retinopati

Tak cuma organ tubuh diatas yang bisa terkena komplikasi, alat indera penglihatan juga bisa terkena dampak jika gula darahmu tak terkontrol dengan baik. Retinopati merupakan kondisi perdarahan pembuluh darah mata dan retina akibat tingginya kadar gula darah.

Gejalanya seperti penglihatan menurun, tampak bercak hitam pada penglihatan, mata merah, nyeri hingga penglihatan berbayang.

5. Kanker

Satu lagi komplikasi yang bisa terjadi pada pengidap diabetes yang tak memperhatikan gula darahnya ialah kanker. Kanker pada pengidap diabetes karena ketidakseimbangan hormon insulin dan tingginya kadar gula darah.

Jenis kanker yang rentan terjadi pada pengidap diabetes meliputi liver, pankreas, payudara, kolorektal dan kandung kemih.

Oleh sebab itulah, para pengidap diabetes tak boleh menyepelakan kondisinya. Selain harus rutin memperisakan ke dokter, gaya hidup yang tak sehat juga perlu ditinggalkan sebelum terlambat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini