Waspada! Ini Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darahmu Beserta Pencegahannya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Memasuki musim pancaroba, berbagai macam penyakit mulai bermunculan. Tidak hanya di musim yang tak menentu ini, menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat sangatlah penting mengingat virus penyebab penyakit dapat menyerang tubuh kapan saja.

Berbicara soal penyakit, selain adanya perbedaan pola hidup, ternyata golongan darah juga mempengaruhi, lho! Berbeda golongan darah, berbeda pula sistem kekebalan imunnya.

Berikut risiko penyakit berdasarkan golongan darah:

1. Golongan darah A

Golongan darah A dikenal punya sistem imun yang gampang banget diterobos sama virus. Orang-orang bergolongan darah A sangat rentan tertular oleh penyakit seperti flu, dan penyakit menular lainnya.

Golongan darah ini juga berisiko 20 persen lebih tinggi terhadap kanker perut dibandingkan golongan darah B atau O. Seremnya lagi, Si A ini juga memiliki risiko paling tinggi terhadap penyakit jantung dibandingkan dengan golongan darah O, lho!

Untuk mencegahnya, orang dengan golongan darah A harus kurangi makan daging yang diawetkan kayak sosis, kornet, dan bacon. Makanan tersebut kaya akan nitrat, yang dapat diubah menjadi komponen pendukung kanker di dalam tubuh.

2. Golongan darah AB

Orang bergolongan darah AB harus rajin bersihin diri, nih. Diri dan lingkungan yang nggak bersih membuat mereka gampang banget kena penyakit, karena nggak punya sanitasi yang baik.

Studi oleh University of Vermont menyatakan bahwa orang-orang dengan golongan darah yang hanya 10 persen dari populasi di dunia ini, memiliki risiko lebih tinggi terhadap gangguan kognitif jika dibandingkan dengan golongan darah lain.

Untuk mencegah masalah kognitif tersebut, pemilik golongan darah AB harus rajin olahraga, nih! Misalnya olahraga ringan selama 30 menit 5 kali dalam satu minggu. Dengan begitu, oksigen bisa naik ke otak, dan melatih otak untuk bekerja.

3. Golongan darah O

Gimana nggak gampang sakit? Mereka kalau lagi sakit, bener-bener nggak mood buat makan. Nggak semua sih, karena beberapa orang bergolongan darah O tetap menyukai makanan yang ada di depannya.

Terlepas dari itu, orang dengan golongan darah O boleh berbangga hati. Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health, golongan darah O memiliki kekebalan terhadap penyakit jantung hingga 23 persen dibandingkan golongan darah lain, lho!

Selain itu, genetik yang membangun golongan darah O membuat orang yang memilikinya lebih kebal terhadap penyakit kanker pankreas hingga 37 persen.

Bangganya sampai situ aja, karena ternyata golongan darah O lebih rentan terhadap tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri H pylori. Apalagi golongan darah O dikaitkan dengan produksi sel telur yang lebih rendah pada wanita jika dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Untuk mencegahnya, Si O harus kurang-kurangin rokok dan alkoholnya, tuh! Jaga pola makan juga supaya nggak obesitas dan konsumsi makanan yang sehat supaya produksi sel telur meningkat.

4. Golongan darah B

Orang dengan golongan darah B gampang sakit karena makan dan tidunya yang nggak teratur dan sesuai mood. Makanya mereka gampang pusing, bahkan hingga demam.

Beberapa di antaranya juga memiliki risiko sebesar 20 persen untuk terserang diabetes tipe 2 dibandingkan dengan golongan darah O. Sama kayak golongan darah A, darah tipe B dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi dan jantung. Bahkan dinilai 11 persen lebih rentan terhadap penyakit pembuluh darah koroner.

Supaya nggak kena penyakit tersebut, ada baiknya kelola faktor risiko yang berhubungan dengan penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes dengan gaya hidup sehat. Obat dokter juga dapat menjaga jantung tetap dalam kondisi prima. (Dinda)

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini