Ilustrasi sakit perut (Foto: Istimewa)
Ilustrasi sakit perut (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Aktor Hollywood Chadwick Boseman dikabarkan meninggal pada Jumat 28 Agustus 2020 akibat kanker usus yang dideritanya. Diketahui, ia telah berjuang melawan kanker ganas itu selama 4 tahun.

Kanker usus merupakan jenis kanker yang seringkali mempengaruhi usus besar atau saluran akhir pencernaan.

Dikutip dari beberapa sumber, umumnya kanker usus dialami oleh orang berusia lanjut. Namun tak menutup kemungkinan mereka berusia muda juga terkena penyakit tersebut.

Dikutip dari Healthline, kanker bisa terjadi karena mutasi genetik yang menyebabkan penumpukan sel abnormal. Hal tersebut juga bisa disebabkan oleh makanan dan minuman yang berpotensi menyebabkan kanker usus.

Nah, berikut merupakan jenis makanan penyebab kanker usus yang perlu kamu waspadai.

1. Daging Olahan

Biasanya, daging olahan yang dikemas menjadi kornet, sosis, daging burger dan sebagainya memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Selain enak, olahan daging tersebut juga praktis.

Akan tetapi, daging olahan diproses juga menggunakan pengawet dan bahaj kimia lainnya. Hal ini yang berbahaya bagi tumbuh terutama untuk usus besar. Penelitian mengungkapkan orang yang mengkonsumsi daging olahan berisiko lebih tinggi terkena kanker perut dibanding orang yang tidak pernah mengkonsumsinya.

Oleh karena itu, para ahli pun menyarankan untuk mengurangi asupan daging olahan terutama yang sedang diet antikanker.

2. Daging Merah

Tak cuma daging olahan, asupan daging merah juga perlu diperhatikan agar tak terjadi kanker pada usus. Dikutip dari On Health, daging merah memang kaya akan protein. Namun perlu diwaspadai jika dikonsumsinya terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan kanker usus besar.

Menurut Canadian Cancer Society, makan daging merah sebaiknya tak lebih dari tiga kali setiap minggu dan maksimal sebanyak 85 gram seporsi.

3. Gula

Tak cuma gula darah naik, mengkonsumsi gula darah berlebihan juga bisa menyebabkan kanker usus besar. Dikutip dari beberapa sumber, gula juga dapat berkontribusi menyebabkan obesitas dan kanker.

Akan tetapi, gula juga tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kinerja organ vital. Jadi, coba untuk lebih bijak dalam mengkonsumsi gula ya.

4. Makanan Asin

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan yang mengandung MSG berlebih tak baik untuk kesehatan. Biasanya, makanan dengan MSG berlebih ialah makanan ringan, hingga makanan cepat saji.

Makanan asin meliki zat aditif yang dapat menumpuk pada tubuh seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, menghindari makanan terlalu asin dan makanan cepat saji lainnya bisa mengurangi dirimu dari risiko kanker usus besar.

5. Tepung Putih

Satu lagi jenis makanan yang tak boleh sering dikonsumsi ialah makanan yang terbuat dari tepung putih. Sebab, bahan makanan satu ini diputihkan dengan gas klor untuk memebuatnya lebih menarik.

Kemudian, bahan pangan ini mengandung indeks glikemik yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan kadar insulin yang bisa menjadi ‘bahan bakar’ kanker untuk cepat berkembang dalam tubuh. So, bijaklah sejak hari ini untuk mengkonsumsi makanan dari olahan tepung putih ya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here