Waspada! Ini 5 Cara Ampuh Cegah Penyakit Akibat Banjir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Datangnya berbagai penyakit dikala banjir sudah menjadi hal yang lumrah, meski begitu, perlu adanya pencegahan yang dilakukan. Seperti pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) mengimbau kepada masyarakat, baik yang sedang terkena banjir maupun yang tidak agar memperhatikan kesehatan dengan cara pencegahan, disaat cuaca yang memang sedang tidak bersahabat.

Berikut 5 cara mencegah penyakit yang bisa muncul saat banjir.

1. Jangan Main Air Banjir

Banjir, selain menjadi peristiwa rutin disaat curah hujan meningkat, adanya banjir justru banyak dimanfaatkan warga untuk sekadar bermain air, tak terkecuali anak-anak.

Penyakit kala banjir paling banyak disebabkan oleh air banjir tersebut. Hal ini bukan tanpa sebab, air yang tergenang kebanyakan berasal dari sungai dan saluran air permukiman.

Sungai yang sudah terkontaminasi sampah dan limbah, begitu juga dengan saluran air, menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit.

Oleh karena itu, jangan bermain air banjir kalau tidak ingin terkena penyakit. Kalau memang mau keluar, biasakan memakai sepatu boots.

2. Mengganti Pakaian Basah

Belum lama ini tersiar kabar korban jiwa saat banjir terkena hiportemia.

Hiportemia adalah kondisi disaat suhu tubuh menurun drastis dan timbulah rasa dingin pada tubuh. Jika dibiarkan bisa menyebabkan kematian.

Saat sedang asyik bermain air atau basah terkena hujan, lebih baik segera mengganti pakaian agar tidak terkena hipotermia.

3. Makan dan Minum Higienis

Saat peristiwa banjir seperti ini, kuman, kotoran ada di mana-mana. Meski demikian, makanan dan minuman yang masuk ke tubuh harus sangat diperhatikan.

Makanan yang tidak higienis bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya diare. Juga disarankan sebelum makan mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun cuci tangan.

Yuk, mari jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

4. Menggunakan Masker

Megenakan masker saat membersihkan rumah menjadi poin yang penting. Pasca rumah yang banjir akan ada banyak kotoran yang meyangkut di dalam rumah.

Ini disebabkan terbawanya oleh air banjir tersebut. Juga saat sedang bersih-bersih hindari luka yang bisa masuk oleh kuman.

5. Obat-obatan

Persediaan obat-obatan penting untuk penanganan pertama bila tubuh mulai terasa tidak enak. Selain itu, persediaan vitamin juga diperlukan khususnya bagi anak-anak dan balita. (Anita Rahim)

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini