Waspada, Efek Negatif Menggunakan Rem Tangan Terlalu Lama

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penggunaan rem tangan atau rem parkir berfungsi untuk menahan laju mobil dan memastikan mobil tak bergerak saat mesin mati.

Komponen itu ditandai dengan sebuah tuas yang biasanya diletakkan di dekat tuas transmisi atau di sela antara penumpang bagian depan dan sopir.

Namun, jika rem parkir yang digunakan terlalu lama bisa memberikan efek negatif, yaitu lepasnya kampas rem dari pelat atau besi tumpuannya. Kejadian ini kerap terjadi untuk kendaraan yang mengusung sistem rem tromol, bukan rem cakram.

Soalnya saat rem parkir aktif, kampas rem akan menempel pada tromol dan kalau dibiarkan terlalu lama kampas rem tromol bisa lengket kemudian lepas dari tumpuannya. Apalagi kondisi rem dalam keadaan basah.

Biar kejadian tersebut tak berujung fatal, pengemudi harus pandai menggunakan rem tangan sebagai mana mestinya. Misalnya saat memarkir kendaraan di permukaan miring, diharapkan menggunakan bantuan pengganjal roda agar beban rem lebih ringan.

Selain itu, gunakan rem tangan pada saat berhenti di lampu merah. Dan jangan lupa, pastikan jika rem parkir telah ditarik dengan sempurna.

Melansir Nissan.co.id, seperti halnya sistem pengereman utama, rem tangan juga wajib dilakukan pengecekan secara rutin. Selang berjalannya waktu, rem dapat aus dan tidak bekerja dengan bak.

Bila rem tangan sudah tidak bekerja dengan baik seperti sedia kala, sebaiknya segera berangkat ke bengkel terdekat untuk diperbaiki. Bila dibutuhkan, jangan menolak bila mekanik meminta untuk mengganti komponen-komponen yang sudah aus.

Waktu yang tepat untuk melakukan penyetelan rem sebenarnya bisa diperhatikan dari jumlah klik saat menarik tuas. Pastikan klik antara 4-7 kali hingga benar-benar berhenti. Bila sudah lebih dari 7 kali, maka segera kunjungi bengkel terdekat untuk disetel.

Memahami kinerja serta perawatan rem tangan akan membantu anda untuk menjaga komponen tersebut tetap awet dan dapat diandalkan. Perjalanan anda dan keluarga pasti lebih tentram dengan sistem pengereman yang terawat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini