Waspada Bunda! Ini Bahaya Jika Anak Terlalu Banyak Konsumsi Mie Instan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa gemar mengkonsumsi mie instan. Selain mudah didapatkan, penyajiannya yang cepat dan mudah menjadi pilihan instan para penikmatnya. Namun, mie instan bukanlah makanan yang sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Banyaknya kandungan garam, pengawet, hingga pewarna dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Salah satunya pada anak-anak, ini bahayanya jika anak dibiarkan mengkonsumsi mie instan setiap hari!

1. Menyebabkan Kolesterol

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, untuk membentuk jaringan saraf serta hormon. Pada makanan lemak dapat memberikan tekstur dan rasa. Tetapi lemak juga tinggi akan kalori. Jika jumlah lemak dalam tubuh berlebihan, maka akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah kolesterol, terlalu banyak kolesterol akan menghambat aliran darah ke jantung. Sehingga dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke di kemudian hari.

2. Obesitas Anak

Rendahnya kalori pada mie instan, bukan berarti tidak menyebabkan masalah kesehatan. Melainkan kandungan natrium yang sangat tinggi dalam mie instan, membuat proses pembakaran kalori menjadi terhambat. Masalah yang timbul sama dengan anak memakan, makanan yang hanya berisi karbohidrat.

3. Risiko Sembelit

Kebiasaan mengkonsumsi mie instan, ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan anak. Rendahnya kadar serat pada mie instan, dapat memicu masalah pencernaan. Padahal, usus anak membutuhkan banyak serat dalam proses pencernaan agar lebih cepat. Kemudian, anak akan mengalami sembelit, sehingga dapat memicu penyakit usus pada anak.

4. Menyebabkan Hipertensi

Kadar garam dalam mie instan, dapat mengakibatkan tekanan darah yang tinggi sehingga dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Kerja garam adalah menahan air keluar dari tubuh. Kelebihan air dalam tubuh akan menyebabkan tekanan darah tinggi, stres pada ginjal, pembuluh arteri, jantung, hingga otak.

5. Risiko Kanker

Dalam peraturan, penggunaan zat kimia dalam makanan memang diberikan batasan yang normal. Termasuk dalam mie instan, sehingga mie instan harus dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Jika dibiarkan menumpuk, dapat menyebabkan berkembangnya sel buruk dalam tubuh. Sel buruk tersebut dapat berkembang menjadi kanker.

Nah, itulah beberapa penyakit atau gangguan pada tubuh, saat anak sering mengkonsumsi mie instan. Yuk, mulai sekarang lebih waspada lagi bagi para ibu dalam memberikan mie instan pada anak. (Hastina/RyV)

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini