Waspada! 5 Profesi Ini Rentan Kena Kanker, Nomor 3 Mengejutkan

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Setiap profesi memang memiliki risikonya masing-masing. Bahkan dari berbagai penelitian mengungkap bahwa sejumlah profesi rentan dengan penyakit serius seperti kanker. Apakah anda salah satunya? Simak daftarnya berikut dilansir berbagai sumber.

1. Pilot


Profesi pilot ternyata tak hanya bisa mengancam nyawa tapi juga bisa memicu risiko kanker. Hal tersebut disebabkan karena eksposur UV ketika menjalani pekerjaan, apalagi mereka berada di jarak yang lebih dekat dengan matahari. Sinar UV diketahui bisa memicu kanker kulit. Menurut studi, satu jam berada di kokpit sama saja dengan berjemur 20 menit di ranjang penjemur (tanning bed).

2. Pekerja Salon


Hair stylist dan ahli menikur juga tak lepas dari risiko kanker. Alasannya adalah karena mereka sering terpapar bahan-bahan kimia pada cat kuku yang bisa jadi berbahaya jika terpapar dalam waktu lama. Menurut para peneliti, fakta ini cukup mengkhawatirkan karena tingkat risiko terkena leukemia meningkat. Sedangkan para hair stylist yang sering berurusan dengan cat rambut juga berisiko terkena kanker kandung kemih, laring, dan paru-paru.

3. Petani/Pekerja di Sawah


Bekerja di daerah yang jauh dari perkotaan pun tak selamanya aman. Mereka yang bekerja di ladang dan sawah cukup berisiko terkena kanker karena paparan pestisida. Sebuah penelitian mengungkap jika risiko kanker prostat meningkat di kalangan petani dan warga sekitar ladang.

4. Penjaga Pantai/Kolam Renang


Sama seperti pilot, pekerjaan ini harus berurusan dengan sinar matahari setiap harinya. The Los Angeles County Lifeguard Association pernah mengungkap bahwa ratusan penjaga pantai di tahun 1990an meninggal karena melanoma.

5. Tukang Cat


Seperti profesi-profesi sebelumnya, paparan bahan kimia juga dapat membahayakan hidup seorang tukang cat dalam jangka waktu panjang. Kandungan dalam cat dikatakan terkait dengan risiko kanker leukimia dan limfoma. Karena itu, mereka juga perlu melindungi diri dengan penutup mulut dan hidung seperti pemadam kebakaran agar tidak menghirup bahan-bahan berbahaya.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini