Waspada! 3 Penyakit Musim Kemarau Ini Sebaiknya Tak Kamu Remehkan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Meski sudah diujung masanya, musim kemarau masih belum berakhir. Sejumlah penyakit berbahaya yang kerap menyerang manusia di musim ini masih menjadi ancaman nyata. Sebaiknya kamu waspada!

Ada beberapa jenis penyakit yang cenderung menjangkit seseorang kala musim kemarau tiba. Namun, ada tiga jenis yang umumnya paling sering menyerang manusia, yakni berikut ini:

1. Demam Berdarah

Pernah kamu merasa, di musim kemarau, nyamuk bukan berkurang malah bertambah banyak. Sebaiknya kamu berhati-hati, karena menurut penelitian para pakar, banyak kasus demam berdarah terjadi di musim kemarau. Menjaga kondisi tubuh tetap prima adalah kunci mencegah penyakit ini menyerang, terutama kamu harus perhatikan pola makan dan memastikan lingkunganmu bersih.

2. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Jumlah debu akan bertambah banyak karena pada musim kemarau, hujan jarang, atau bahkan tak turun selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan lamanya. Debu dan kotoran akan mudah masuk ke tubuhmu melalui saluran pernapasan, sehingga mengakibatkan infeksi. Gunakanlah masker saat berada di luar ruangan sebagai langkah antisipasi.

3. Diare

Musim kemarau, stok air bersih tentu saja berkurang. Kamu jadi rentan meneguk air yang tercemar bakteri. Atau, kamu juga sangat rentan mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi debu atau partikel-partikel berbahaya lainnya, yang berujung pada diare akut. Makanya, jangan jajan sembarangan di pinggir jalan, dan pastikan stok air bersihmu selalu tersedia.

 

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini