Wanita Wajib Tahu! Peneliti Temukan Jutaan Bakteri Mematikan di Produk Makeup

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bagi kalian para kaum hawa, harus lebih peduli lagi pada kebersihan. Jika kamu sering menggunakan kuas dan spons makup harus segera dibersihkan atau diganti. Karena kalau tidak, kemungkinan besar kulitmu sudah bersentuhan dengan bakteri dan jamur yang berpotensi mematikan.

Sebuah penelitan yang belum lama ini diterbitkan di Journal of Applied Microbiology, mengamati bakteri dan jamur pada 467 alat kosmetik dan alat rias populer termasuk lipstik, eyeliner, maskara, pelembab bibir, kuas dan spons make-up.

Secara mengejutkan, 70-90 persen dari produk tersebut terlah terkontaminasi oleh jamur dan bakteri termasuk E.coli dan Staphylococcus aureus. Lebih mengkhawatirkan, peneliti menemukan spons kecantikan yang sering digunakan untuk mengaplikasikan foundation atau concealer adalah produk yang paling banyak mengandung jamur.

Mengutip Insider, peneliti menemukan kontaminasi tersebut karena orang tidak membersihkan atau mengganti secara berkala produk mereka dan bukan penyebab langsung dari make-up itu sendiri.

“Praktik kebersihan yang buruk ketika menggunakan makeup terutama spons, sangat mengkhawatirkan. Terlebih kami menemukan bakteri E.coli yang terkait dengan kontaminasi tinja pada produk yang kami uji,” ujar Amreen Bashir, PhD, peneliti di studi tersebut.

Produk kecantikan kemungkinan tidak tercemar saat orang membelinya. Namun banyak orang yang memakai produk lewat dari tanggal kedaluwarsa yang membuat bahan anti-bakteri dalam produk kehilangan kemanjurannya.

Selain itu, risiko terkontaminasi bakteri dan jamur juga akan lebih tinggi pada mereka yang tidak mencuci peralatan make-up secara teratur. Dari sekian ribu responden.

Meskipun jamur dan bakteri pada produk-produk ini tidak selalu menyebabkan infeksi, mereka dapat masuk ke luka terbuka ketika seseorang sedang merias wajah. Ini dapat menyebabkan infeksi, termasuk yang resisten terhadap antibiotik dan karenanya sulit untuk diobati dan berpotensi mematikan.

 

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini