Senin, Oktober 25, 2021

Wanita Wajib Tahu. Ini Sederet Penyebab Menopause Dini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beredar kisah di sosial media, Sheere Hargreaves, gadis berusia 19 tahun asal Inggris yang didiagnosis Insufisiensi Ovarium Primer (POI). Dimana kondisi tersebut ia sudah mengalami menopause sejak dini.

Sheere divonis saat usianya masih 15 tahun. Kala itu ia tak mengalami menstruasi layaknya remaja perempuan seusianya. Saat diperiksa, Sheere ternyata mengalami menopause dini dan berarti ia tak akan bisa memiliki anak.

Pada dasarnya, cepat atau lambat semua wanita akan mengalami fase menopause. Akan tetapi, tak ada waktu yang pasti kapan datangnya fase tersebut.

Dikutip dari SehatQ, menopause pada wanita bisa sangat beragam. Mulai dari usia 30-60 tahun. Meski begitu, rata-rata wanita mengalami menopause saat menginjak usia 51 tahun.

Akan tetapi, tak menutup kemungkinan fase tersebut datang lebih awal, bahkan saat kita masih di usia muda.

Dilansir dari Halodoc, selain faktor genetik, ada juga loh faktor lain yang membuat resiko terjadinya menopause di usia muda.

  1. Stres dan Depresi

Banyak ahli mengatakan bahwa stres dan depresi tak cuma berpengaruh pada kesehatan mental. Tapi juga dapat mempengaruhi hormon.

Dikutip dari Indiatimes, stres dan depresi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan berakibat menopause. Bahkan, depresi yang parah dan signifikan bisa membuat datangnya menopause lebih awal.

2. Merokok

Merokok memang sangat tak baik untuk tubuh kita. Bahkan, sangking buruknya rokok bisa membuat kamu menopause lebih cepat.

Para ahli dari Imperial College menemukan, adanya kaitan antara merokok dengan menopause dini. Wanita perokok lebiu cepat menopause 1-2 tahun dibandingkan dengan wanita yang tak merokok.

3. Makanan Tak Sehat

Para ahli mengungkapkan zat kimia bisa menjadi faktor wanita mengalami menopause dini. Apalagi, zat kimia tersebut terpapar ke makanan yang kamu konsumsi.

Misalnya, makanan yang mengandung pestisida. Racun yang terkandung dalam makanan itu bisa membuat tubuh perempuan mengalami perubahan hormon dan dapat berakibat menopause dini.

4. Penyakit dan Obat-obatan

Wanita yang menderita beberap penyakit dan rutin mengkonsumsi obat-obatan juga bisa menjadi faktor terjadinya menopause dini. Karena pada dasarnya, obat-obatan memiliki efek samping. Ini bisa menjadi faktor resiko menopause di usia muda.

5. Indeks Masa Tubuh

Setelah dilansir dari berbagai sumber, para ahli mengungkapkan bahwa hormon esterogen memiliki kaitan erat dengan menopause. Nah hormon ini disimpan di dalam jaringan lemak tubuh.

Jika wanita memiliki bentuk tubuh yang terlalu kurus, maka lemak tubuhnya pun akan sedikit. Hal inilah yang bisa mengakibatkan wanita mengalami menopause di usia muda.

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

MU Dibantai Liverpool 0-5, #OleOut Trending Topic

MATA INDONESIA, MANCHESTER - Manchester United (MU) dibantai seteru abadinya, Liverpool, dengan skor telak 0-5. Seruan #OleOut makin menggema...
- Advertisement -

Baca berita yang ini