Wanita Obesitas Susah Hamil, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Kehamilan seseorang tidak bisa diukur oleh berat badan tubuhnya. Namun, memang sejak dulu beredar bahwa wanita yang memiliki bobot tubuh berlebih atau obesitas akan sulit untuk hamil.

Kepercayaan ini masih berkembang di masyarakat. Benarkah kondisi obesitas membuat wanita susah mengandung? Namun, faktanya itu hanya mitos belaka, wanita obesitas bisa hamil namun memerlukan usaha lebih dibandingkan wanita dengan berat badan normal. Itulah kenapa sangat dianjurkan bagi wanita hamil untuk menurunkan berat badannya sebelum melakukan program hamil.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap wanita dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih dari 40, peluang untuk bisa hamil berkurang sebesar 35 persen dibandingkan dengan wanita yang memiliki massa tubuh normal. Lantas, kenapa sih wanita obesitas sulit hamil? Hal ini dikarenakan obesitas mengakibatkan ketidakstabilan metabolisme dan hormon kesuburan sehingga berdampak pada terganggunya proses ovulasi.

Bahkan beberapa wanita obesitas mengalami PCOS, yaitu sindrom yang mengakibatkan ovariumnya tidak bisa memproduksi cukup hormon untuk menstimulasi sel telur agar matang dan terlepas. Selain itu, wanita obesitas juga lebih berisiko mengalami masalah kehamilan dibanding wanita normal seperti janin bermasalah, bahkan keguguran.

Anak adalah anugerah dari Tuhan, tak ada yang tak mungkin bila Tuhan sudah berkehendak. Selain berdoa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan wanita obesitas untuk meningkatkan peluang hamil diantaranya:

1. Olahraga Rutin

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun pada wanita obesitas, sebaiknya olahraga dilakukan sebelum hamil dan tidak berolahraga secara ekstrem atau berlebihan. Dengan berat badan normal, maka peluang kehamilan akan lebih besar.

2. Perhatikan Pola Makan

Asupan makanan yang sehat mampu meningkatkan dan menjaga kesuburan. Perbanyaklah makan makanan yang mengandung asam folat, taoge, kuning telur, kol dan asparagus.

3. Perhatikan Siklus Haid

Dengan mengetahui secara baik siklus haid, maka para ibu tahu kapan terjadinya masa subur sehingga akan memperbesar peluang kehamilan. Siklus haid yang tidak teratur pada wanita obesitas bisa berakibat sulit hamil. Karenanya dengan mengurangi berat badan bisa membuat siklus haid menjadi lebih teratur.

4. Tes Darah

Tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah para ibu memiliki tiroid atau tidak. Dengan bebas tiroid, maka akan lebih mudah menurunkan berat badan dengan diet sehat dan olahraga.

5. Konsultasikan dengan Dokter

Dengan berkonsultasi kepada dokter, para ibu akan memperoleh masukan apa saja hal-hal yang sekiranya bisa dilakukan oleh wanita obesitas untuk memperbesar peluang kehamilan.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini