Ilustrasi wanita berbisnis (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di tengah masa pandemi seperti ini, banyak orang memutar otak agar bisa mendapatkan lapangan pekerjaan sendiri atau mendapat pemasukan tambahan. Sebab, bukan rahasia penyebaran virus corona membuat roda perekonomian makin melambat.

Salah satu caranya ialah membuka bisnis atau usaha kecil-kecilan yang bisa dilakukan meski hanya di dalam rumah. Namun, tak semudah kedengarannya, memutuskan untuk memulai bisnis bukanlah perkara gampang, apalagi untuk kaum wanita.

Sering kali wanita yang baru mulai merintis karier di dunia bisnis, memiliki banyak masalah yang bisa menjatuhkan usahanya. Untuk itu, buat kamu kaum hawa yang lagi baru memulai berbisnis, yuk simak hal-hal yang perlu kamu hindari biar usahamu makin lancar.

  1. Jangan Menjadi Orang yang Kaku

Saat kamu memutuskan untuk mulai berbisnis, cobalah menjadi pribadi yang ulet dan gak kaku. Biasanya, wanita merasa gengsi dan jutek jika dikomentari perihal dagangannya. Maka, kamu harus belajar untuk bisa menerima masukan dari pelangganmu.

Jika kamu terlalu kaku dan gak bisa menerima kritikan, usaha yang kamu geluti gak akan maju. Sebab, kamu kurang terbuka dengan masukan dari pelanggan.

2. Jangan Menjelaskan Produkmu Terlalu Berlebihan

Wanita biasanya doyan menyampaikan dan menjelaskan sesuatu dengan bersamangat. Tapi kamu harus hati-hati dalam melakukan branding atau pemasaran, kamu perlu melakukannya dengan cerdik.

Pelanggan tentu menyukai penjelasan dalam sebuah produk yang lengkap. Namun, kamu harus pastikan untuk tidak menyampaikan dengan cara yang rumit atau berlebihan.

Pasarkanlah produkmu dengan penjelasan yang singkat namun mendetail. Jangan lupa untuk memaparkannya dengan cara yang unik dan kekinian agar menarik minat pembeli.

3. Jangan Abaikan Relasi

Kaum hawa biasanya lebih mudah bergaul dan memiliki lingkar pertemanan yang lebih luas ketimbang pria. Misalnya, wanita lebih sering ikut arisan, kelompok masak, tata rias dan sebagainya. Maka, wanita biasanya lebih banyak memiliki kawan dan relasi dalam berbisnis.

Nah, jika memiliki peluang tersebut, jangan kamu abaikan ya. Sering kali wanita merasa gengsi untuk memanfaatkan lingkungan pertemanannya. Padahal hal itu bisa jadi kesempatan untuk mengembangkan bisnis yang kamu geluti.

4.  Tidak Mengembangkan Ide

Jika bisnis yang kemu geluti sudah mencapai titik keberhasilan, bukan berarti kamu jadi berhenti berpikir dan berkreasi. Jika hanya mengandalkan zona nyamanmu, bisa dipastikan bisnis kamu bakal terlindas dengan para pesaing.

Maka, penting untuk kamu peka terhadap trend sekitar dan melakukan inovasi pada usahamu. Jangan lupa untuk mendengarkan masukan dari pelanggan agar usahamu gak macet di tempat.

5. Jangan Putus Asa

Hal terakhir yang tidak boleh kamu lakukan saat mulai terjun ke dunia bisnis ialah mudah putus asa. Biasanya, mental wanita tak sekuat pria. Karena itulah sering kali wanita merasa down dan sedih ketika bisnisnya tak berjalan sesuai kehendaknya.

Jangan seperti itu ya! Tetaplah semangat dan jangan berhenti berusaha saat mengetahui bisnismu sedang merosot. Coba berpikir lebih detail dan kreatif untuk mengembalikan bisnismu seperti sediakala.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here