Wajib Tahu, Ternyata Mengonsumsi Air Putih Bisa Meredakan Stres

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mengonsumsi air putih ternyata memiliki dampak positif untuk kesehatan mental. Psikolog Analisa Widyaningrum menegaskan bahwa mengonsumsi air putih dengan tepat bisa meredakan stres dan perasaan tertekan.

Ia menyatakan bahwa oksigen yang terkandung di dalam air putih ternyata bisa membantu jantung berdetak lebih lambat. Maka, air putih dinilai bisa membantu menenangkan emosi jika diberikan kepada orang yang emosinya tidak stabil atau sedang naik.

“Kalau kita stress, tertekan, kadang oksigen berkurang sehingga jantung berdetak cepat, dengan minum air putih, ada oksigen yang masuk ke dalam tubuh dibawa oleh darah menuju jantung sehingga jantung berdetak lebih lambat,” kata Analisa.

Selain itu, oksigen yang dibawa ke dalam darah dan dialirkan ke berbagai organ tubuh dinilai bisa mengembalikan mood menjadi lebih baik. Mengingat, organ tubuh yang mendapat asupan oksigen yang cukup akan menciptakan kadar hormon yang bisa membuat perasaan bahagia seperti endorphin dan serotonin.

“Secara klinis, minum juga membuat kita lebih happy karena air minum menyuplai oksigen ke seluruh organ tubuh, organ tubuh akan membentuk hormon yang positif sehingga dapat meningkatkan mood,” kata Analisa.

Secara umum, air putih memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut Healthline, dengan mengonsumsinya performa fisik bisa meningkat serta membantu meningkatkan fungsi kognitif otak sehingga bisa berkonsentrasi dan mengurangi sakit kepala.

Penyakit saluran kemih seperti batu ginjal juga bisa dihindari jika mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan. Asupan cairan yang tinggi bisa meningkatkan volume urin dan mengencerkan konsentrasi mineral yang mengkristal dalam ginjal.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini