Wajib Tahu! Ternyata Kaus Kaki Bisa Ungkap 4 Masalah Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Mungkin sebagian orang menganggap sepele penggunaan kaus kaki. Padahal banyak manfaat pentingnya selain fashion juga membambut kaki agar tidak bau saat mengenakan sepatu.

Bahkan, kaus kaki juga membantu mengungkap masalah kesehatan dalam diri Anda, lewat tanda bekas kaus kaki di kulit. Apa saja penyakit yang mengintai

  1. Tekanan darah tinggi

Jika kalian merasa bahwa kaki agak bengkak sehingga kaus kaki berbekas usai menggunakannya bisa jadi penyebabnya karena cairan berlebih yang menumpuk di kaki bagian bawah.

Biasanya jika mengalami hal tersebut kalian akan merasa kurang nyaman ketika mengenakan kaus kaki. Tekanan darah tinggi disebabkan oleh retensi cairan dan membuat jantung sulit mengangkut darah ke seluruh tubuh. Tubuh merespons dengan menahan cairan yang biasanya mengendap di tungkai dan kaki.

  1. Verises

Ketika pembuluh darah di kaki melemah, mereka tidak dapat mengembalikan darah ke jantung dengan cukup cepat. Darah kemudian kembali ke pembuluh darah kaki dan menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan. Kondisi ini menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya varises.

Jika kalian kerap menemukan adanya bekas kaus kaki secara sering, tubuh kalian mungkin mencoba mengirimkan sinyal bahwa pembuluh darah tidak membiarkan darah mengalir kembali ke jantung.

  1. Dehidrasi

Jika tidak mendapatkan cukup air, tubuh kalian dapat merusak pembuluh darah. Pembuluh darah yang rusak mungkin mulai membuat kebocoran kecil yang memungkinkan cairan menumpuk di jaringan sekitarnya.

Tempat umum untuk mengumpulkan cairan ini adalah di sekitar pergelangan kaki dan kaki. Tanda bekas kaus kaki yang muncul di sekitar pergelangan kaki mungkin menunjukkan bahwa tubuh kalian mengalami dehidrasi.

  1. Efek samping dari pengobatan

Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan pembengkakan kaki bagian bawah. Beberapa jenis antidepresan dan obat tekanan darah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada kaki bengkak.

Jenis kontrasepsi tertentu (terutama pil KB yang mengandung estrogen) juga dapat mengubah kadar hormon dalam tubuh wanita dan menyebabkan retensi air serta kaki bengkak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini