Wajib Tahu! Ternyata Ini Enam Makanan Jahat Biang Keladi Penyebab Kanker

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Kanker memang menjadi penyakit mematikan yang selalu mengintai setiap seseorang. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini diidap seseorang, mulai dari gaya hidup tidak sehat hingga pola makan yang tidak dibatasi.

Nah, untuk makanan sendiri terungkap bahwa ada enam makanan yang sering menjadi biang keladi penyakit kanker, makanan ini biasa di makan oleh manusia karena serba awet dan serba praktis.

Berikut enam jenis makanan yang menjadi penyebab kanker, apa saja?

1. Daging olahan

Kebanyakan produk daging olahan, seperti bacon, sosis dan hotdog, mengandung bahan pengawet kimia yang membuat tampilannya lebih segar dan menarik, tetapi juga dapat menyebabkan kanker.

Kandungan pengawet yang sering digunakan, sodium nitrite dan sodium nitrate, telah dikaitkan dengan peningkatkan risiko kanker usus besar dan bentuk lain dari kanker. Jadi pastikan untuk memilih produk daging yang diawetkan tanpa nitrat, dan sebaiknya dari sumber yang diberi makan rumput.

2. Microwave popcorn

Popcorn terlihat sebagai makanan yang aman, tapi sebenarnya microwave popcorn dilapisi dengan bahan kimia yang dapat menyebabkan infertilitas, kanker hati, testis dan kanker pankreas.

Environmental Protection Agency (EPA) di AS mengakui perfluorooctanoic acid (PFOA) dalam microwave popcorn merupakan bahan yang bersifat karsinogenik, dan beberapa studi independen telah mengaitkan bahan kimia untuk menyebabkan tumor. Demikian pula, diacetyl chemical yang digunakan dalam popcorn sendiri terkait dengan kerusakan paru-paru dan kanker.

3. Soda

Seperti daging olahan, soda juga telah terbukti menyebabkan kanker. Sarat dengan gula, bahan kimia makanan, dan pewarna, soda mengasamkan tubuh dan benar-benar memberi makan sel-sel kanker.

Bahan kimia yang banyak digunakan dalam soda seperti pewarna karamel dan turunan 4-methylimidazole (4-MI) juga secara khusus dikaitkan dengan penyebab kanker

4. Tepung ‘putih’ halus

Tepung halus adalah bahan umum dalam makanan olahan, tetapi kandungan karbohidrat berlebih adalah penyebab keprihatinan serius. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Cancer Epidemiology, Mile Markers, and Prevention’ menemukan bahwa konsumsi rutin karbohidrat olahan dikaitkan dengan peningkatan 220 persen kanker payudara di kalangan perempuan.

5. Gula halus

Hal yang sama berlaku juga untuk gula halus, yang cenderung meningkatkan insulin dengan cepat dan memberi makan pertumbuhan sel kanker. Pemanis kaya fruktosa seperti high-fructose corn syrup (HFCS) sangat ofensif, dan sel-sel kanker telah terbukti cepat dan mudah memetabolismenya untuk berkembang biak.

6. Minyak terhidrogenasi

Minyak terhidrogenasi umumnya digunakan untuk mengawetkan makanan olahan dan menjaga agar bentuknya tetap stabil. Namun, minyak terhidrogenasi mengubah struktur dan fleksibilitas membran sel di seluruh tubuh, yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit yang melemahkan seperti kanker.

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini