Wajib Tahu, Terbukti 8 Makanan Ini Lebih Berbahaya dari Rokok

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Merokok bisa jadi hal yang sangat berbahaya bagi tubuh, karena rokok mengandung banyak racun yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung koroner, kanker paru, kanker mulut, dan lain-lain.

Namun banyak yang belum tahu, bahwa ternyata ada beberapa makanan yang lebih berbahaya dari rokok, meskipun terlihatnya menyehatkan. Berikut delapan makanan tersebut:

  1. Jus buah

Buah memang penting untuk memenuhi nutrisi tubuh Anda. Namun ternyata, buah yang diolah menjadi jus akan kehilangan sebagian besar nutrisinya, seperti serat yang dapat mencegah diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Bukan hanya itu, dengan konsumsi jus yang banyak akan sebabkan masalah kesehatan lainnya karena tingginya jumlah gula yang dikandungnya.

  1. Granola batangan

Meskipun kaya nutrisi, beberapa granola batangan juga kaya akan gula tambahan. Menurut Database Nutrient, granola batangan mengandung 15 hingga 30 g gula. Padahal, granola sering menjadi cara alternatif dalam membunuh rasa lapar dan menghindari makan berlebih.

  1. Sushi

Sushi sebenarnya tidak berbahaya. Namun, berbagai bahan dalam sushi-lah yang menyebabkan masalah. Di dalam sushi terkandung berbagai bahan yang sifatnya aditif.

Dalam satu gulungan, sushi umumnya mengandung mayones, karbo, krim keju, saus, dan produk kontroversial lainnya yang meningkatkan nilai gizi sushi dan membuat satu set sushi mempunyai asupan kalori.

  1. Ikan budidaya

Ikan liar adalah sumber yang kaya asam lemak Omega-3 yang sehat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Sayangnya, ikan yang sering Anda beli di supermarket biasanya tidak datang dari laut, tetapi dari peternakan.

Karena itu, mereka tidak hanya kekurangan nutrisi sehat, tetapi mereka juga mengandung zat kimia tambahan yang digunakan petani untuk membuatnya ikan tumbuh lebih cepat.

  1. Makanan bebas lemak

Kini diet bebas lemak sedang diminati oleh banyak orang. Sampai ahli gizi menyadari bahwa produsen mulai mengganti lemak sehat dengan gula olahan untuk menjaga rasa alami produk.

Maka kini para ahli menganjurkan Anda untuk memilih produk susu yang kaya protein dan lemak sehat, seperti keju cottage atau yogurt yang tidak mengandung gula olahan.

  1. Sereal

Sereal selalu dianggap sebagai solusi sederhana untuk sarapan sehat dan bergizi. Namun, tidak semua jenis sereal memberikan manfaat yang sama, meskipun sebagian besar sereal terbuat dari biji-bijian olahan.

Sebab selama pemrosesan ini, sereal kehilangan banyak serat dan nutrisi lain yang dapat membantu Anda untuk tetap kenyang. Belum lagi jumlah gula yang ditambahkan ke sereal untuk membuatnya terasa lebih enak dan lebih menarik.

  1. Roti putih

Roti putih adalah produk lain yang terbuat dari biji-bijian olahan. Namun, ternyata kekurangan nutrisi dan serat sehat. Sementara serat dapat berpengaruh pada berat badan yang sehat, tekanan darah yang baik dan risiko diabetes serta penyakit kardiovaskular.

  1. Kedelai

Kedelai dikatakan sebagai tanaman pertanian paling merusak karena merampas nutrisi tanah. Selain itu, sebagian besar kedelai dimodifikasi secara genetik, yang berarti Anda hampir tidak mendapatkan nutrisi yang dijanjikan.

Konsumsi kedelai juga dihubungkan dengan peningkatan aktivitas hormon tiroid yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tak terduga, berkeringat, dan pembengkakan leher Anda.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini