Wajib Tahu, Sayur Kol Ternyata Memiliki Khasiat untuk Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sayur kol atau kubis ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan. Pengolahannya pun identik dengan sayur sop bahkan lalapan di pecel lele dan pecel ayam.

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang ringan juga kerap sayur kol diolah menjadi kol goreng. Namun, makanan tersebut disebut tidak sehat lantaran menyerap banyak minyak.

Meski demikian, sayur ini memiliki kebaikan dan manfaat yang jarang diketahui. Pertama, yaitu membantu diet. Sayuran yang rendah kalori tetapi tinggi serat dan nutrisi cocok dikonsumsi orang yang sedang diet.

Kedua, yaitu kandungan fitonutrien yang ada pada kol dinilai ampuh untuk mengurangi peradangan. Selain itu, fitonutrien di dalam kubis berperan sebagai antioksidan yang ampuh mengurangi risiko kanker.

Penelitian juga menyebut bahwa kandungan indole dan isothiocyanate dalam kubis bisa menghentikan perkembangan kanker. Mulai dari kanker kandung kemih, kanker usus besar, kanker payudara, kanker hati dan kanker paru-paru.

Ketiga, kandungan serat yang tinggi tergolong serat tidak larut yang cukup tinggi dan baik untuk menjaga pencernaan tetap sehat. Serat tidak larut dalam kol juga berperan memberikan bahan bakar pada bakteri baik di usus.

Terakhir, vitamin C yang ada di dalam kol dan vitamin larut di air bisa membantu membentuk kolagen. Adapun, kolagen membuat kulit lebih sehat, glowing, kenyal dan awet muda.

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini