Wajib Tahu! Santan Juga Baik untuk Kesehatan, Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sudah bukan rahasia lagi makanan khas hari raya Idul Fitri identik dengan santan. Mulai dari rendang, opor hingga sayur ketupat.

Meski nikmat, santan sering dianggap ‘jahat’ untuk kesehatan tubuh. Bahan yang terbuat dari perasan kelapa ini kerap kali dianggap pemicu penyakit kolesterol.

Padahal, jika dikonsumsi dengan bijak, santan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, lho!

Dilansir Hello Sehat, ada banyak khasiat yang bisa didapatkan dari santan. Apa saja? Yuk simak!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak yang beranggapan bahwa santan tidak baik untuk jantung. Sebab, kadar lemaknya yang tinggi bisa berisiko meningkatkan kolesterol.

Padahal, menurut sebuah studi dari jurnal Nutrition and Metabolism Research, santan justru efektif menjaga kadar kolesterol baik atau HDL di dalam darah. Ini artinya, konsumsi santan yang cukup bisa membantu kamu terhindar dari risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, termasuk stroke.

Namun, pastikan kamu juga tidak mengonsumsi santan dalam jumlah yang terlalu banyak, ya.

2. Memelihara Fungsi Otak

Manfaat lainnya dari santan ialah memelihara fungsi otak. Santan terdiri dari asam lemak rantai-sedang sehingga mudah diserap oleh hati dan diubah menjadi keton.

Keton bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki masalah ingatan, seperti penyakit alzhaimer. Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada kelapa parut (bahan baku santan) juga baik sebagai sumber energi otakmu.

3. Meningkatkan Imunitas

Santan juga baik untuk daya tahan tubuh lho! Mengonsumsi santan dengan porsi yang pas bisa meningkatkan imunitas.

Menurut sebuah penelitian dari Journal of Chemical and Pharmaceutical Research, kandungan antioksidan pada santan lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi dan susu kambing.

Selain itu, santan mengandung zat-zat antimikroba dan asam kaprat yang memiliki fungsi antibakteri, antifungi, dan antivirus.

4. Mencegah Kanker

Satu lagi khasiat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi santan adalah membantu mencegah kanker. Hal ini berkat kandungan asam laurat yang ada di dalam kelapa parut.

Sebuah studi dari Cell Death Discovery meneliti efek asam laurat pada minyak kelapa terhadap pertumbuhan sel kanker payudara.

Hasil dari studi tersebut menunjukkan bahwa asam laurat bisa membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada pengidap kanker payudara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini