Wajib Tahu! Pola Hidup Seperti Ini Bisa Sebabkan Kista

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Faktor risiko terkena kista akan semakin meningkat jika menerapkan pola hidup yang tidaksehat dan pola makan yang buruk. Kista biasanya tumbuh di bagian tubuh mana pun dan membesar dengan lambat.

Kista merujuk pada pertumbuhan jinak berupa benjolan yang berisi cairan, udara, nanah, atau zat padat seperti rambut. Kista sendiri banyak jenisnya dan jika tidak segera ditangani serta terus dibiarkan berkembang, kista akan semakin parah.

Maka dari itu, kamu perlu tahu dengan pola hidup seperti di bawah ini bisa menyebabkan kista.

1. Stres

Selain menyerang pikiran, stres yang berlebihan dapat menghasilkan hormon tertentu dan bisa menjadi pemicu kistaovarium. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari stres dengan gaya hidup sehat.

2. Pola Makan Buruk

Pola makan buruk seperti sering makan makanan cepat saji atau junk food dapat menyebabkan risiko obesitas, stroke dan jantung. Selain itu, makanan ini juga pemicu utama yang dapat meningkatkan risiko penyakit kista ovarium.

3. Memiliki Kebiasaan Merokok

Rokok tidak baik untuk kesehatan, terutama paru-paru. Selain itu, zat adiktif pada rokok juga bisa mengganggu rahim serta memicu munculnya kista di indung telur.

4. Konsumsi Alkohol dan Soda

Minum alkohol dan soda yang berlebihan bisa merusak organ tubuh serta meningkatkan risiko terkena kista ovarium. Maka dari itu, sebaiknya minum dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih, susu, jus buah dan sayur.

5. Mengonsumsi Obat Penyubur Kandungan

Memiliki keturunan memang impian bagi kebanyakan pasangan. Namun, jika belum memiliki buah hati meski sudah menikah cukup lama, pasangan bisa memutuskan untuk mengonsumsi obat penyubur kandungan.

Ternyata mengonsumsi obat tersebut secara berlebihan dapat memberikan banyak efek samping, salah satunya yaitu kistaovarium. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi penyubur kandungan yang terbuat dari bahan alami seperti kacang hijaudan tauge.

Agar terhindar dari kista, sebaiknya terapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik, ya.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini