Wajib Tahu! Ini Penyebab Serangan Jantung pada Anak Muda

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masyarakat Indonesia tengah dihebohkan mengenai salah satu finalis ajang pencarian bakat, Indonesian Idol, Melisha Sidabutar yang meninggal di usianya yang masih sangat muda, 19 tahun. Menurut kabar, Melisha meninggal akibat pembengkakan jantung.

Peristiwa itu tentu menjadi duka yang mendalam untuk kerabat dan keluarganya. Namun, menjadi pelajaran juga untuk masyarakat terutama anak muda, bahwa penyakit jantung tak hanya dialami oleh mereka yang lanjut usia.

Dilansir dari Hello Sehat, serangan jantung bisa menimpa pada usia berapa pun. Tentu hal tersebut harus sangat serius ditanggapi dan tak boleh dianggap sepele.

Salah satu penelitian terhadap pasien yang mengalami serangan jantung pada usia rata-rata 36 tahun, sebanyak 15 persen meninggal dalam waktu 15 tahun. Dalam studi lain dari kasus serangan jantung pada anak muda, baik pria atau wanita di bawah usia 40 tahun, hanya satu persen yang meninggal dalam waktu satu tahun.

Ada banyak penyebab yang mengakibatkan anak muda terkena serangan jantung. Mulai dari gaya hidup hingga penyakit bawaan seperti kawasaki, Hypertrophic cardiomyopathy, hingga penyakit arteri coroner.

Menurut American Council On Science and Health, gejala yang biasa ditimbulkan untuk serangan jantung pada anak muda adalah adanya rasa tekanan pada dada, sesak napas, dan berkeringat dingin. Gejala ini bisa menjadi tanda-tanda serangan panas, asma, atau bahkan efek samping dari ledakan emosi.

Untuk itu, sebagai anak muda, sayangilah dirimu sejak dini. Mulailah rutin melakukan olahraga, kurangi konsumsi junk food, dan hindari merokok. Sebab, penyakit khususnya masalah jantung tak mengenal berapa usiamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini